Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Sidrap dan Sinjai Berharap Kolaborasi BUMN Dorong Perekonomian Daerah

Kompas.com - 20/03/2023, 20:25 WIB
Aprillia Ika

Editor

SIDRAP, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Sidrap dan Sinjai di Sulawesi Selatan berharap kerja sama dan kolaborasi antara BUMN, pemerintah daerah, dan seluruh stakeholder dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional serta perekonomian daerah.

Hal ini disampaikan sebagai respons atas kegiatan Jalan Sehat Bersama BUMN sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-25 Kementerian BUMN yang digelar di beberapa wilayah, seperti di Sulawesi Selatan yang digelar di Kabupaten Sidrap dan Sinjai.

"Dengan kerja sama dan kolaborasi antar-BUMN, kami berharap dapat memajukan dan terus menumbuhkan perekonomian di seluruh Indonesia. Apalagi BUMN bisa bersinergi dengan pemerintah untuk sama-sama membangun daerah, termasuk di Kabupaten Sidrap,” ujar Bupati Sidrap Dollah Mando saat acara Jalan Sehat Bersama BUMN, Minggu (19/3/2023), melalui keterangannya.

Jalan Sehat Bersama BUMN diselenggarakan di Sidrap merupakan kolaborasi antara PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) sebagai koordinator dan PT Permodalan Nasional Madani serta PT Nindya Karya.

Baca juga: Bisakah BUMN Tambang Menopang Pertumbuhan Ekonomi?

Bupati Sidrap juga berharap dengan bertambahnya umur Kementerian BUMN, dapat terus berjaya untuk memajukan Indonesia bersama-bersama dengan seluruh pemangku kepentingan. Dia juga sangat mengapresiasi dan merespons baik kegiatan positif ini.
“Acara ini kita apresiasi karena berdampak positif," kata Dollah.

Dollah Mando yang juga mantan Kadis Pertanian Sidrap berharap sinergitas Pemkab Sidrap dengan BUMN dapat mempercepat pertumbuhan pembangunan, terutama pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Saya bersyukur Sidrap bisa menjadi salah satu kegiatan jalan sehat ini. Semoga bisa lebih meningkatkan sinergitas kita untuk sama-sama bekerja sama. Semoga dengan adanya UMKM ini produk kita makin dikenal, dan perekonomian kita juga tumbuh,” terangnya.

Baca juga: Deretan BUMN yang Punya Bisnis Kampus Perguruan Tinggi

Sebagai informasi, ribuan peserta antusias mengikuti Jalan Sehat Bersama BUMN yang dipusatkan di Jalan Ressang, tepatnya di depan Kantor KPU, Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap. Peserta menempuh jarak sekitar 2 kilometer mengelilingi sejumlah ruas jalan Kota Pangkajene.

Kegiatan gerak jalan sehat inipula diwarnai pembagian doorprize dan puluhan hadiah menarik yang diundi untuk peserta.

SVP Teknik Pupuk Kaltim Gatot Pramu Handoko mengatakan bahwa program jalan sehat ini merupakan bentuk kepedulian dan bukti bahwa BUMN selalu berada di tengah – tengah masyarakat.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap pekannya hingga puncak peringatan HUT Kementerian BUMN pada April 2023,” ujar Gatot.

Kabupaten Sidrap merupakan basis pertanian terbesar di Sulawesi Selatan. Tingkat konsumsi pemakaian pupuk pertanian brand milik Pupuk Kaltim tertinggi digunakan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Sidrap.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com