Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Sebulan Fasilitas Pertamina Meledak 2 Kali, Wapres Ma'ruf: Perbaiki Tata Kelola

Kompas.com - 04/04/2023, 20:56 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai Pertamina perlu segera melakukan tata kelola dan manajemen risiko yang baik agar kejadian kebakaran kilang minyak tidak terulang lagi.

Sebagai informasi saja, dua fasilitas milik Pertamina meledak dalam kurun waktu hanya sebulan. Pertama, ledakan terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat malam, 3 Maret 2023.

Berikutnya, berselang tak sampai sebulan, ledakan kembali terjadi di fasilitas lain Pertamina, yakni di Kilang Dumai, Riau, pada 1 April 2023.

“Yang penting itu perbaikan di tata kelola untuk menghindari itu (terjadinya kebakaran). Tata kelolanya mungkin diperbaiki, terutama yang menyangkut manajemen risiko," ujar Wapres Ma'ruf Amin dikutip dari Antara, Selasa (4/4/2023).

Baca juga: Sudah 10 Fasilitas Pertamina Meledak dan Terbakar dalam 4 Tahun

Ma'ruf Amin menyampaikan, asesmen dan evaluasi harus dilakukan di seluruh properti milik Pertamina, tidak hanya di Jakarta, namun juga di daerah.

"Asesmen dan evaluasi terutama di seluruh kilang-kilang karena memang di situ potensi terjadinya kebakaran itu yang besar sekali. Sehingga perlu ada perbaikan tata kelolanya untuk hindari itu," kata Wapres.

Ia juga mendorong Pertamina mengevaluasi tata kelola guna menekan seminimal mungkin risiko yang terjadi, terutama di sisi manajemen risiko.

Baca juga: Pertamina Ungkap Kronologi Ledakan di Kilang Dumai, Ada Kebocoran Pipa Hidrogen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com