Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Penemuan Mayat di Bandara Kualanamu, Angkasa Pura Aviasi Janji Berbenah

Kompas.com - 01/05/2023, 15:56 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasca kejadian penemuan mayat wanita di lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Kamis (27/4/2023) lalu, PT Angkasa Pura Aviasi memastikan melakukan serangkaian perbaikan untuk menyempurnakan prosedur operasi di Bandara Kualanamu.

Head of Communications PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur mengatakan, hal ini dilakukan untuk peningkatan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta pembinaan SDM internal.

“Penyempurnaan prosedur operasi untuk selalu memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan serta SDM internal di Bandara Kualanamu,” ujar Dedi dalam siaran pers, Senin (1/5/2023).

Baca juga: Kemenhub Tegur Pengelola Bandara Kualanamu Usai Insiden Wanita Tewas Terjatuh dari Lift

Dedi memaparkan, penyempurnaan prosedur antara lain mencakup prosedur operasional double-sided elevator dan prosedur fasilitas keamanan termasuk CCTV. Rambu di dalam double-sided elevator diperbanyak dan aspek keselamatan lebih ditingkatkan.

“Pengawasan melalui CCTV wajib dilakukan oleh personil Avsec lebih ketat,” kata dia.

Dedi juga menuturkan, penyempurnaan prosedur dilakukan sejalan adanya surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tertanggal 30 April 2023 ditujukan kepada PT Angkasa Pura Aviasi, yang meminta agar PT Angkasa Pura Aviasi memastikan keselamatan, keamanan dan pelayanan di Bandara Kualanamu sesuai PM 81 Tahun 2021 tentang Kegiatan Pengusahaan di Bandar Udara.

Baca juga: Beredar Video Pesawat Rute Jakarta-Kualanamu Mengeluarkan Asap, Batik Air Buka Suara


Untuk memastikan operasional dan prosedur berjalan maksimal, Dedi juga memohon dukungan masyarakat dan pemangku kepentingan/stakeholder agar Bandara Kualanamu dapat memberikan layanan terbaik dengan mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan.

“Kami memohon dukungan masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan agar operasional Bandara Kualanamu dapat berjalan lebih baik lagi dalam melayani masyarakat luas,” lanjut Dedi.

Sementara itu, VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan, sangat mendukung upaya PT Angkasa Pura Aviasi dalam melakukan langkah-langkah penyempurnaan prosedur di Bandara Kualanamu.

Baca juga: Beredar Video Pesawat Rute Jakarta-Kualanamu Mengeluarkan Asap, Batik Air Buka Suara

“PT Angkasa Pura Aviasi telah menjalankan penyempurnaan prosedur operasi dan perbaikan fasilitas bandara, Angkasa Pura II sangat mendukung langkah ini,” jelas Cin Asmoro.

Cin menegaskan, penyempurnaan prosedur dan perbaikan fasilitas di seluruh bandara termasuk Bandara Kualanamu harus selalu ditingkatkan dengan melakukan evaluasi secara berkala.

Baca juga: Seperti Ini Modus Dugaan Pungli Berjemaah PNS Bea dan Cukai di Kualanamu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com