Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Jualan Online dan Dongkrak Transaksi Pasca Lebaran di Tokopedia

Kompas.com - 05/05/2023, 20:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS. com - Menjadi hal yang biasa jika transaksi penjualan online sedikit mengalami penurunan pasca Lebaran atau perayaan hari besar. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan online kamu.

Bagi para pelaku UMKM, Tokopedia berbagi tips untuk mendongkrak transaksi jualan online pasca Lebaran. Pelaku usaha bisa memulainya dari evaluasi tren penjualan hingga menggunakan Tokopedia Marketing Solutions.

“Pasca Lebaran bisa dibilang menjadi babak baru bagi para pelaku usaha. Ini merupakan momen bagi pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi penjualan agar dapat mempertahankan bahkan meningkatkan transaksi," kata Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustina dalam siaran pers, Jumat (5/5/2023).

Baca juga: 5 Tips Jualan Online agar Tidak Melanggar Hak Kekayaan Intelektual

Agar para pelaku usaha bisa terus menjaga eksistensi bisnis, Tokopedia membagikan lima tips jualan online untuk mendongkrak penjualan pasca Lebaran, antara lain:

1. Lakukan evaluasi terhadap produk yang dijual

Maisyalina mengungkapkan, untuk mendorong jumlah transaksi pasca Lebaran, ada baiknya jika pelaku UMKM mulai melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang dijual.

Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk memantau kinerja produk dan mencantumkan informasi yang dibutuhkan agar meningkatkan minat pembeli terhadap produk yang dijual.

2. Cari tahu produk terlaris untuk memastikan minat pembeli

Mempelajari pasar dan minat pembeli di Tokopedia bisa membantu para pelaku usaha menghasilkan strategi baru untuk bisnisnya.

“Pelaku usaha bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar secara mendalam, seperti produk terlaris dan kata kunci populer berdasarkan wilayah dan kategori,” lanjut Maisyalina.

Sebagai informasi, pada kuartal I-2023, peralatan rumah tangga, elektronik, makanan dan minuman, fesyen serta kesehatan menjadi beberapa kategori terlaris di Tokopedia.

“Sesudah mendapatkan ide bisnis setelah Lebaran, pelaku usaha bisa memanfaatkan fitur Rilisan Spesial untuk memberikan kesan eksklusif dan menarik minat pembeli pada produk atau koleksi yang akan diluncurkan,” paparnya.

3. Perhatikan momentum dan buat promo menarik

Maisyalina mengatakan, Tokopedia saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia. Ini adalah potensi yang sangat besar untuk digarap oleh para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal.

Baca juga: UMKM Jualan Online Butuh Inovasi, Simak 4 Tips Berjualan di E-commerce Berikut Ini

"Strategi promosi yang tepat, diiringi dengan momentum yang pas, dapat membantu penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli dan memperkuat posisi di pasar,” ungkapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com