Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

53 Awak Kapal Patroli KPLP Bantu Amankan Gelaran KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kompas.com - 10/05/2023, 13:25 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pengawasan dan patroli laut selama gelaran Konferensi Tingkat Tinggai (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Tercatat ada 53 orang awak kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yang bertugas guna memastikan keamanan dan ketertiban perairan tetap terjaga dengan baik selama KTT berlangsung.

"KPLP berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban perairan di Indonesia dan mendukung kebijakan pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk dalam penyelenggaraan acara berskala internasional seperti KTT ASEAN ke-42," ujar Direktur KPLP Rivolindo melalui siaran pers, Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Buka KTT ASEAN 2023, Jokowi Ingatkan Rivalitas Semakin Tajam

Adapun 53 orang awak kapal patroli KPLP yang bertugas terdiri dari 23 orang awak kapal KN Jembio milik Pangkalan PLP Tanjung Priok, dan 30 orang awak kapal KN Chundamani P-116 milik Pangkalan Tanjung Perak.

Rivolindo mengungkapkan para awak kapal patroli sudah bersiaga di Labuan Bajo sejak 5 Mei 2023. Bahkan kata dia, sebagian besar petugas ada yang belum pulang ke rumah semenjak pengamanan Angkutan Lebaran.

"Saya memberikan apresiasi dan semangat kepada kru kapal patroli yang bertugas dalam pengamanan penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42," kata Rivolindo.

Baca juga: KTT ASEAN 2023, Menhub Jamin Transportasi Laut Berikan Pelayanan Maksimal


Saat bertemu dengan nahkoda kapal Chundamani P-116, Subairi dan nahkoda KN Jembio Luhut Maruli Tua Simanullang, Rivolindo memberikan dukungan moril dan apresiasi kedua nahkoda tersebut.

Rivolindo memastikan semua awak kapal patroli tetap semangat dan berdedikasi dalam menjaga keselamatan, keamanan, dan ketertiban perairan.

Rivolindo menekankan bahwa keselamatan dan keamanan perairan merupakan prioritas utama selama perhelatan KTT ASEAN ke-42. Oleh karena itu kata dia, KPLP berkomitmen dalam menjalankan tugasnya dengan baik

"KPLP juga mengajak masyarakat untuk mendukung tugas para awak kapal patroli dan turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban perairan. Kita semua mempunyai peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban perairan untuk mewujudkan Indonesia yang aman dan sejahtera," ucapnya.

Baca juga: KTT ASEAN Dinilai Bisa Dorong Kerja Sama Produksi Kendaraan Listrik dengan Negara Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com