Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memaksimalkan Penjualan di Tokopedia

Kompas.com - 29/06/2023, 14:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berjualan online memang menjadi salah satu opsi yang bisa dicoba ketika ingin meningkatkan penjualan lantaran akan mendapatkan banyak pembeli dari berbagai pelosok.

Namun tak bisa dipungkiri, toko yang berjualan online juga banyak dan berlomba-lomba mempromosikan usahanya untuk dijual.

Oleh sebab itu menyiapkan strategi yang tepat dan matang harus perlu dilakukan agar toko onlinemu tidak kalah saing dengan toko yang lain.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia Rizky Juanita Azuz membeberkan ada 5 tips yang bisa diikuti para seller atau penjual toko online agar bisa memaksimalkan penjualan di Tokopedia.

Baca juga: Jangan Abai, Simak 6 Tips Memilih Asuransi yang Tepat

Tips pertama adalah meningkatkan kualitas. Selain membuat produk yang menarik, menjaga produk serta layanan yang berkualitas juga perlu ditingkatkan.

Rizky pun menyarankan agar para seller online harus mengevaluasi produk secara berkala. “Evaluasi produk yang dijual. Apa yang kurang dari produk tersebut bisa dicari dari ulasan-ulasan pembeli,” kata dia dalam media workshop yang diselenggarakan belum lama ini.

Tips yang kedua adalah melihat tren. Menurut Rizky dengan melihat tren apa yang ada di pasar bisa menambah ide para seller ketika ingin menambah produk yang dijual.

Misalnya seperti di Tokpedia, produk yang digemari pembeli Tokopedia di Sumatra Utara pada periode Januari hingga Mei 2023 antara lain produk kebutuhan rumah tangga, kesehatan, makanan dan minuman, fesyen, dan elektronik.

Baca juga: Ini 5 Tips Menyusun Perencanaan Keuangan agar Tepat Sasaran dari OJK

 


Tips selanjutnya adalah memperhatikan momentum dan membuat promosi yang menarik. Rizky menuturkan, platform marketplace biasanya memiliki momen-momen tertentu untuk meningkatkan penjualan.

Misalnya, di Hari Kasih Sayang digelar promo Valentine dengan diskon tertentu atau promo belanja di hari gajian. Momen ini menjadi kesempatan bagi pelaku usaha untuk memaksimalkan penjualan. Buat promo spesial untuk menarik pembeli.

Baca juga: Tips Menabung dengan Tabungan Haji

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com