Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Incar 200 Ribu Wisman dari Piala Dunia U-17

Kompas.com - 13/07/2023, 23:51 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membidik penambahan 150 ribu hingga 200 ribu wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dengan adanya penyelenggaraan Piala Dunia U-17 pada November-Desember 2023.

“Ada sekitar 52 pertandingan dan jika kita memakai formula bahwa 20 persen dari total penonton yang ditargetkan sekitar 20 ribu itu berarti kan ada sekitar 4 ribu lebih yang bisa kita bidik,” kata Sandiaga dikutip dari Antara, Kamis (13/7/2023).

Dengan total 52 pertandingan yang akan berlangsung, maka Sandiaga memprediksi penambahan wisman sebanyak 150-200 ribu orang pada tahun ini.

Sandiaga telah ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyiapkan paket-paket wisata maupun pameran ekonomi kreatif yang akan menjadi bagian promosi wisata bagi penonton, dan peserta serta keluarga peserta Piala Dunia FIFA U-17.

Baca juga: Info Pelabuhan Ferry Batulicin, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Dia juga akan memastikan semua destinasi pariwisata dan produk-produk kreatif unggulan telah siap untuk menyambut wisman dari Piala Dunia FIFA U-17.

“Peserta FIFA World Cup U-17 ini pasti akan datang dengan orang-tuanya, keluarganya, jadi kami juga menawarkan promosi bagi negara-negara yang kalau kita lihat," beber Sandiaga.

"Yang masuk, adalah negara-negara besar yang menjadi target market kita juga, jadi ini peluang kita dan harus kita optimalkan kita maksimalkan,” kata dia lagi.

Menurut Sandiaga, ajang FIFA U-17 harus dioptimalkan untuk menarik kunjungan wisman. Terlebih saat ini, industri pariwisata nasional juga telah bertumbuh melebihi target.

Baca juga: Profil Pelabuhan Cituis, Pusatnya Perikanan di Tangerang

Dengan begitu, momentum emas dari Piala Dunia FIFA U-17 itu akan semakin menumbuhkan pariwisata dan perekonomian Indonesia.

“Kita patut mensyukurinya dan lompatan ini harus kita lanjutkan dengan beberapa inovasi-inovasi sehingga perhelatan-perhelatan olahraga internasional seperti ini manfaatnya dirasakan oleh masyarakat,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com