Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan IKN Tahap I Diproyeksi Capai 70 Persen di Akhir 2023

Kompas.com - 19/08/2023, 06:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, progres pembangunan fisik Ibu Kota Nusantara (IKN) batch 1 mencapai 40 persen per 10 Agustus 2023.

"Batch satu ada 39 paket dengan nilai Rp 24 triliun, progresnya 40 persen, ini rata-rata progres tiap minggu sekitar 2 persen," kata Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara PUPR Danis H Sumadilaga di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (18/8/2023).

Danis mengatakan, progres pembangunan IKN Nusantara akan semakin meningkat lantaran pembangunan gedung mulai masif dilakukan.

Baca juga: Kontrak Proyek Rusun ASN di IKN Diteken Pekan Depan

Adapun pekerjaan IKN batch 1 merupakan kontrak paket fisik dari 2020 sampai Maret 2023. Salah satu fokus pembangunan batch 1 adalah Bendungan Sepaku Semoi.

"Jadi akan ada peningkatan lebih besar karena mulai gedung-gedung dan sebagainya mulai bekerja dibangunan atas, kalau kemarin kan baru banyak fondasi dan lain sebagainya," ujarnya.

Danis juga mengatakan, pembangunan istana negara sudah mencapai 21,7 persen. Sementara itu, progres pembangunan kantor kepresidenan mencapai 25,7 persen.

Baca juga: Kementerian PUPR: Pembangunan Istana Negara di IKN Capai 21,7 Persen

Kemudian pembangunan gedung Sekretariat Presiden sudah mencapai 22,31 persen. Lalu penataan sumbu kebangsaan sudah mencapai 53 persen.

"Gedung Kemenko 1 (Bidang Kemaritiman dan Investasi) mencapai 12,8 persen, gedung Kemenko 3 (Bidang Politik, Hukum, dan HAM) mencapai 9 persen. Kemudian Kemenko 4 (Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) sudah 13 persen lebh cepat juga," tuturnya.

Berdasarkan hal tersebut, Danis optimistis pembangunan IKN tahap I dapat mencapai 70 persen di akhir tahun 2023.

Baca juga: Kepala Otorita IKN: Tahun Depan Upacara HUT RI di IKN Sudah Ramai Bangunan Fisik

"Kalau 1 minggu 2 persen jadi diharapkan mungkin akhir tahun ini sekitar 70 persen lah, kalau dihitung rata-rata seminggu 2 persen," ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, upacara 17 Agustus pada 2024 rencananya akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur.

"Insya Allah. tahun depan insya Allah (upacara HUT RI) sudah di IKN. Kita lihat nanti," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka pada Kamis (17/8/2023).

Baca juga: Menteri PUPR: Kantor Presiden dan 4 Kantor Kemenko di IKN Selesai Juli 2024

Presiden pun menyampaikan harapannya untuk peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI kali ini. Menurut Presiden, Indonesia harus terus menjadi bangsa yang kuat.

Terlebih, Indonesia memiliki keragaman budaya, bahasa, suku, dan adat istiadat.

"Seperti yang kita lihat di istana, keberagaman dipadukan dengan keberanekaragam bermacam-macam baju adat yang kita pakai dan ya ini lah sebetulnya kekuatan negara kita," jelas Jokowi.

Baca juga: Kemenhub: Jika IKN Sudah Terbentuk, Investor Asing Pasti Tertarik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com