Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Usulkan Tarif Promo LRT Jabodebek, Salah Satunya Diskon 78 Persen

Kompas.com - 19/08/2023, 11:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan dua skema pemberian tarif promo LRT Jabodebek untuk diterapkan saat kereta api tanpa masinis ini beroperasi komersial akhir Agustus 2023.

Adapun dua skema tarif promo LRT Jabodebek yang diusulkan yaitu diskon sebesar 78 persen dan diskon tarif terjauh sebesar Rp 20.000.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, saat ini pihaknya masih merumuskan konsep tarif promo LRT Jabodebek ini, baik besaran, waktu pelaksanaan, hingga perumusan regulasi yang menjadi dasar hukum pemberlakuan promo ini.

Baca juga: Daftar Tarif LRT Jabodebek Berdasarkan Rute

"Kalau ini disetujui, kami akan terapkan saat LRT Jabodebek beroperasi komersial pada akhir Agustus mendatang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/8/2023).

Tarif promo LRT Jabodebek diberlakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI.

Selain itu, Kemenhub juga mengusulkan tarif promo LRT Jabodebek sebagai upaya untuk semakin menarik minat masyarakat untuk beralih ke angkutan massal berbasis rel ini.

"Dengan semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan massal, diharapkan dapat menekan tingkat kemacetan dan polusi udara, khususnya di wilayah perkotaan teraglomerasi seperti Jabodetabek," ucapnya.

Baca juga: Operasional LRT Jabodebek Molor Lagi, Kemenhub Ungkap Alasannya

Tarif promo berlaku sebulan

Sebelumnya, tarif promo LRT Jabodebek yang dimulai pada hari beroperasi komersial akhir Agustus nanti sempat dibocorkan oleh Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati.

"Iya (ada tarif khusus), mulai launching komersial nanti," ujar Adita, Kamis (11/8/2023).

Terpisah, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal mengatakan, tarif promo LRT Jabodebek kemungkinan akan berlaku selama sebulan.

"(Tarif LRT Jabodebek) sudah ada RPM-nya, tinggal mungkin tahap awalnya ada diskon-diskonan," kata Risal setelah acara peluncuran aplikasi Access by KAI di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (11/8/2023).

"Jangan lama-lama dong, ya sebulan lah," jawab Risal saat ditanya berapa lama tarif diskon akan diberlakukan.

Baca juga: Pintu Kereta LRT Jabodebek Sudah Sejajar dengan Peron Stasiun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com