Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Bakal Jual Beras SPHP Ukuran 1 Kilogram Seharga Rp 9.450

Kompas.com - 28/08/2023, 15:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ukuran 1 kilogram. Kemasan ini akan diluncurkan untuk masyarakat yang mungkin tidak mampu membeli beras SPHP ukuran 5 kilogram sekaligus.

Nantinya beras tersebut akan dijual langsung ke ritel tradisional dengan harga Rp 9.450 per kemasan.

"Ini sedang kita pikirkan. Jadi nanti Bulog juga akan membuat packaging (kemasan) yang 1 kilogram. Jadi masyarakat yang nanti enggak bisa beli 5 kilogram kita akan berikan yang 1 kilogram," kata Budi Waseso usai meninjau ketersediaan beras di Pasar Klender bersama Bulog, Senin (28/8/2023).

Sayangnya Budi Waseso belum bisa memastikan kapan produk tersebut akan digelontorkan.

Baca juga: Operasi Pasar, Bulog Masifkan Penyaluran Beras ke Pengecer hingga Ritel di Pasar

"Kita secepatnya. Pertama kita kan sudah punya produksinya yang 1 kilogram, tinggal nanti kita edarkan kebutuhan masyarakat seperti apa. Yang sekarang sudah ada memang beras komersil yang 1 kilogram," kata Budi Waseso.

Selain itu Budi Waseso juga mengatakan, pihaknya tidak akan lagi melakukan operasi pasar dalam bentuk curah atau 1 karungan isi 50 kilogram .

Namun operasi pasar akan dilakukan dengan menggelontorkan beras-beras bungkusan yang lebih kecil untuk meminimalisir beras-beras Bulog diselewengkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Bos Bulog Ungkap Biang Kerok yang Bikin Harga Beras Mahal

"Kalau dulu Bulog OP bentuk curah, itu hilang, hanya 10 persen ke pasar, paling banyak 20 persen. Sisanya dijual komersil. Jadi rakyat kecil tidak merasakan. Jadi sekarang OP nya bentuk packaging dan bantuan pangan," kata dia.

"Sekali lagi, Bulog tidak akan mendistribusikan dalam bentuk curah," pungkas Buwas.

Baca juga: Harga Beras Mahal, Ikappi: Pedagang Sangat Kecewa dengan Pemerintah...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com