Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras SPHP Sudah Ada di Pasar Induk Cipinang, Harganya Rp 10.385 Per Kg

Kompas.com - 13/09/2023, 10:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyalurkan beras operasi pasar dengan merk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, untuk tahap pertama pemerintah baru menyalurkan sebanyak 1.000-3.000 ton beras SPHP secara bertahap.

"Kurang lebih seminggu ini kita akan drop sekitar 1.000-3.000 ton menyusul berikutnya setelah teman-teman di Pasar Induk Cipinang punya downline ritel untuk memasoknya," ujar Arief saat menyalurkan beras SPHP di Pasar Induk Beras Cipinang, Rabu (13/9/2023).

Lebih lanjut Arief mengatakan, untuk harga beras SPHP pemerintah mematok harga khusus di PIBC Rp 10.385 per kilogram. Sementara untuk di pasar turunan beras SPHP dibanderol maksimal Rp 10.900 per kilogram.

Baca juga: Daftar 10 Provinsi Produsen Beras Terbesar di Indonesia

Kemudian untuk memastikan tidak adanya kecurangan dalam pemainan harga hingga permainan stok, pemerintah menggandeng Satgas Pangan untuk memonitornya.

"Ada satgas pangan yang memastikan bahwa beras ini sampai ke konsumen. Kalau ke pasar turunan belum ada beras SPHP bisa menghubungi kita semua," pungkas Arief.

Sebelumnya pemerintah juga telah menggelontorkan beras SPHP ke ritel-ritel modern mulai dari Lotte Mart hingga Alfamart di seluruh Tanah Air.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Cek Gudang Bulog, Pastikan Stok Beras Aman

Untuk harga beras SPHP, pemerintah membanderol senilai Rp 54.500 per pieces kemasan 5 kilogram. Pembeliannya juga dibatasi maksimal 3 pieces per konsumen.

Pembatasan itu dilakukan agar semua masyarakat bisa mendapatkan beras murah dengan kualitas premium.

"Khusus untuk beras SPHP tolong dibantu kasih maksimal 3 pieces per customer biar semua kebagian karena berasnya baik harga murah," jelas Arief.

Baca juga: Jokowi Buka Lagi Opsi Impor Beras untuk 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com