Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Batal Jual Beras SPHP Ukuran 1 Kilogram

Kompas.com - 09/09/2023, 14:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengungkapkan, pihaknya batal mengedarkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) kemasan 1 kilogram.

Hal itu lantaran Bulog akan mulai menyalurkan bantuan pangan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sehingga beras SPHP kemasan 1 kilogram itu tidak diperlukan lagi.

"Karena sekarang sudah ada bantuan pangan sebanyak 10 kilogram per KPM, untuk yang satu kilo kita tarik. Tidak jadi kita realisasikan," kata Budi Waseso saat mengunjungi Lotte Grosir di Jakarta Timur, Jumat (8/9/2023).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Buwas itu mengatakan, penyaluran bantuan pangan sebesar 640.000 ton beras kepada 21,3 juta Kuarga Penerima Manfaat (KPM) akan dilakukan secara serentak pada hari Senin, 11 September 2023 mendatang.

Baca juga: Bos Bulog Buka-bukaan Penyebab Beras SPHP Tak Masuk Pasar Induk Cipinang

 

Hal ini juga bersamaan dengan penyaluran daging ayam dan telur ayam untuk keluarga stunting.

"Akan sama-sama disalurkan nanti, mulai Senin depan dan yang beras kemasan kemarin temen-temen ada wacana kita akan siapkan beras dengan kemasan wacana itu kita akan lakukan bilamana tidak ada bantuan pangan. Ini karena sekarang sudah ada bantuan pangan dari pemerintah, jadi tidak kami realisasikan," kata Buwas.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan beras SPHP ukuran 1 kilogram 1 kemasan untuk masyarakat yang mungkin tidak mampu membeli beras SPHP ukuran 5 kilogram sekaligus.

Baca juga: Harga Beras Operasi Pasar Naik Jadi Rp 10.900 Per Kilogram

Nantinya beras tersebut akan dijual langsung ke ritel tradisional dengan harga Rp 9.450 per kemasan.

"Ini sedang kita pikirkan. Jadi nanti Bulog juga akan membuat packaging (kemasan) yang 1 kilogram. Jadi Masyarakat yang nanti enggak bisa beli 5 kilogram kita akan berikan yang 1 kilogram," kata Budi Waseso usai meninjau ketersediaan beras di Pasar Klender bersama Bulog, Senin (28/8/2023).

Sayangnya Budi Waseso belum bisa memastikan kapan produk tersebut akan digelontorkan.

"Kita secepatnya. Pertama kita kan sudah punya produksinya yang 1 kilogram, tinggal nanti kita edarkan kebutuhan masyarakat seperti apa. Yang sekarang sudah ada memang beras komersil yang 1 kilogram," kata Budi Waseso.

Baca juga: Bulog Minta Shopee dkk Tarik Penjualan Beras SPHP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com