Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC Ajak 100 Masyarakat Rasakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis hingga ke Tegalluar

Kompas.com - 15/09/2023, 20:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Emir Monti menyebut sebanyak 100 masyarakat mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara gratis pada Jumat (15/9/2023).

Ratusan masyarakat tersebut merupakan warga Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, dan Kecamatan Tambun Selatan. Uji coba ini dimulai dari Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar (pulang-pergi/pp).

"Jadi hari ini sekitar ada 70 sampai 100 masyarakat di sekitar jalur KA yang kami libatkan dalam uji coba perjalanan hari ini dari Halim ke Tegalluar pulang-pergi," katanya ditemui dalam uji coba tersebut.

Lebih lanjut Emir mengatakan, kapasitas yang disediakan sebanyak 500 tempat duduk per hari dan akan melibatkan juga warga sekitar jalur perlintasan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat Dimulai: Kuota 2.200 Kursi, Khusus Warga Sekitar, dan Gratis

"Nantinya akan semakin banyak masyarakat di sekitar jalur KA yang kami libatkan dalam proses uji coba," ucapnya.

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung bagi masyarakat tanpa berbayar ini akan berlangsung hingga 30 September 2023. Bagi masyarakat yang ingin mencobanya, KCIC akan mengumumkan link untuk pendaftarannya mulai besok (16/9/2023).

"Rencananya mulai besok Sabtu 16 September akan disampaikan linknya ke publik sehingga masyarakat bisa mendaftar. Nanti kita lihat ya di-linknya. Besok akan kita buat, hari ini akan kita finalkan," jelas Emir.

Baca juga: Gratis, Pendaftaran Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibuka Mulai Besok

Mulai 15 September 2023, KCIC resmi menjalankan uji coba operasional dengan penumpang tidak berbayar untuk dapat menggunakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Uji coba dilakukan setelah izin dari Kementerian Perhubungan dikeluarkan pada Kamis 14 September.

Untuk tahap awal, masyarakat yang diutamakan dapat mengikuti kegiatan uji coba ini adalah warga yang tinggal di sekitar jalur lintas KA Cepat.

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat untuk Masyarakat Berlaku sampai 30 September

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com