Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
HILIRISASI INDUSTRI

Ciptakan Lingkungan Kerja Harmonis, PT Gunbuster Nickel Industry Gelar Seminar Pertukaran Budaya Indonesia-Tiongkok

Kompas.com - 02/10/2023, 15:31 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) berkomitmen membangun budaya kerja yang harmonis untuk semua karyawan, baik tenaga kerja lokal maupun asing.

Komitmen tersebut mencerminkan dedikasi perusahaan selama empat tahun berkiprah di Tanah Air dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Selain mempromosikan keharmonisan lingkungan kerja, upaya tersebut juga bertujuan untuk menjaga prosedur keselamatan kerja yang ketat di PT GNI. Dengan begitu, dapat meningkatkan produktivitas smelter serta mencapai zero fatality.

Salah satu upaya PT Gunbuster Nickel Industry dalam mewujudkan komitmen tersebut adalah menggelar seminar pertukaran budaya antara Indonesia dan Tiongkok.

Seminar tersebut merupakan hasil kerja sama antara PT GNI dan Reformed Cultural Center (RCC) yang digelar di Aula Pertemuan PT Gunbuster di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (21/9/2023).

Baca juga: Tekan Risiko Kecelakaan Kerja, Begini Regulasi dan Prosedur Keamanan di PT GNI

Acara tersebut dihadiri tokoh teologi reformed terkemuka dunia, Stephen Tong Tjong Eng. Ia merupakan musikus Tionghoa-Indonesia sekaligus pemimpin Gereja Reformed Injili Indonesia yang berpusat di Katedral Mesias, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus).

Ratusan pekerja PT GNI, baik lokal maupun luar negeri, yang hadir dalam seminar tersebut sekaligus saling berinteraksi. Mereka bertukar sapa, berbagi pengalaman, memperkuat hubungan kerja, serta bersinergi satu sama lain.

Menurut manajemen PT GNI, tujuan utama dari seminar adalah memperkenalkan budaya Indonesia dan Tiongkok kepada para pekerja asing dan lokal. Dengan begitu, mereka dapat lebih memahami budaya satu sama lain.

Selain itu, seminar tersebut juga memungkinkan para pekerja Indonesia untuk mempererat silaturahmi serta merajut komunikasi agar seluruh pekerja semakin kompak.

Keamanan kerja di PT GNI

Selain menyelenggarakan pertukaran budaya, PT GNI juga menaruh perhatian serius pada regulasi keselamatan kerja yang ketat.

Baca juga: Begini Regulasi Keamanan Kerja Smelter Nikel dan Implementasinya di PT GNI

Guna menerapkan regulasi tersebut, perusahaan secara rutin menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) kepada karyawan.

Sebagai contoh, PT GNI pada 2022 menggelar pendidikan pelatihan dasar (diklatsar) selama lima hari di area pelatihan keselamatan kerja PT GNI di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara, Sulteng.

Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah karyawan dari berbagai departemen, termasuk Departemen Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan (HSE).

Adapun diklatsar tersebut meliputi penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), pelatihan penyelamatan kecelakaan kendaraan, teknik menurunkan atau mengangkat korban selama evakuasi kebakaran, serta latihan penyelamatan di air.

Salah satu upaya  PT Gunbuster Nickel Industry dalam mewujudkan komitmen tersebut adalah menggelar seminar pertukaran budaya antara Indonesia dan Tiongkok. Seminar tersebut merupakan hasil kerja sama antara PT GNI dan Reformed Cultural Center (RCC) yang digelar di Aula Pertemuan PT Gunbuster di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (21/9/2023).
Dok. PT GNI Salah satu upaya PT Gunbuster Nickel Industry dalam mewujudkan komitmen tersebut adalah menggelar seminar pertukaran budaya antara Indonesia dan Tiongkok. Seminar tersebut merupakan hasil kerja sama antara PT GNI dan Reformed Cultural Center (RCC) yang digelar di Aula Pertemuan PT Gunbuster di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (21/9/2023).

Pada Februari hingga Juli 2023, PT GNI menyelenggarakan sejumlah penyuluhan dan pelatihan dengan menggandeng sejumlah pihak ketiga, mulai dari lembaga swasta hingga pemerintah.

Baca juga: Jamin K3 Pekerja, Prosedur Keamanan Kerja PT GNI Prioritaskan Pemeriksaan Lingkungan hingga Pengujian Alat Berat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com