Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungkan Pelaku Usaha Jepang dengan RI, J Trust Bank Teken Kerja Sama dengan Saikyo Bank

Kompas.com - 10/10/2023, 19:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank J Trust Indonesia Tbk (BCIC) menjalin kerja sama dengan The Saikyo Bank, Ltd (Saikyo Bank) bank asal kota Shunan, Prefektur Yamaguchi, Jepang. Adapun tujuan kerja sama ini adalah untuk membuka akses yang menghubungkan pelaku usaha Jepang dengan pelaku usaha di Indonesia sehingga dapat membantu pengembangan usaha keduanya di Indonesia.

Direktur Utama J Trust Bank, Ritsuo Fukadai mengatakan, selain mendukung pengembangan bisnis, kerja sama antara J Trust Bank dan Saikyo Bank turut memberikan solusi terhadap berbagai tantangan bisnis di tingkat global terkait kebutuhan permodalan dan sistem layanan transaksi keuangan.

“Kami menyadari potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia dikarenakan jumlah penduduk yang besar dan meningkatnya jumlah masyarakat berpendapatan menengah,” kata Ritsuo dalam siaran pers, Selasa (10/10/2023).

“Kolaborasi ini memiliki kesamaan spirit yaitu untuk memperluas peluang bisnis dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dan masyarakat Indonesia, melalui integrasi keahlian perbankan berstandar Jepang,” tambah Ritsuo.

Baca juga: J Trust Bank Catat Laba Bersih Rp 73,23 Miliar di Kuartal I-2023

Sebagai informasi, Jepang secara terus menerus mengalami penyusutan ekonomi akibat rendahnya angka kelahiran dan menurunnya populasi penduduk. Pergeseran demografis ini kemungkinan besar mempunyai implikasi sosial dan ekonomi yang besar, termasuk melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Direktur Utama The Saikyo Bank, Ltd. Ken Matsuoka mengatakan, hal itulah yang kemudian mendorong Saikyo Bank untuk memasuki pasar global melalui kerja sama dengan J Trust Bank.

“Indonesia sebagai salah satu negara dengan potensi terbesar untuk pertumbuhan berkelanjutan di pasar domestik lebih dari itu diperkirakan akan menyalip Jepang dalam GDP di tahun 2050,” jelas Matsuoka.

 Baca juga: Dorong Bisnis Properti, J Trust Bank Genjot Fasilitas KPR Tahun Ini

 


Sebagai informasi, J Trust Bank terus mencatatkan peningkatan kinerja positif dengan laba bersih sebesar Rp 90,62 miliar per Kuartal II-2023.

Katalis dalam peningkatan kinerja tersebut dipicu oleh pertumbuhan kredit bruto menjadi sebesar Rp 21,7 triliun dari periode sama tahun sebelumnya Rp 15,28 triliun atau tumbuh 42,00 persen YoY (Year-on-Year).

Adapun, dana pihak ketiga (DPK) J Trust Bank juga mengalami pengingkatan meningkat 44,87 persen menjadi Rp 29,24 triliun pada kuartal II-2023 dibandingkan periode sama 2022 sebesar Rp 20,18 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com