Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalin Kerja Sama dengan GoTo Financial, Bank Jago Optimis Jumlah Nasabah Bisa Tumbuh

Kompas.com - 18/10/2023, 19:01 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bank Jago, Arief Harris Tandjung, mengungkapkan bahwa Bank Jago melihat potensi besar dalam ekosistem GoTo yang dapat memperluas pengembangan bisnis di masa depan.

Sebagai informasi, Bank Jago menjalin kolaborasi dengan GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo, meluncurkan GoPay Tabungan by Jago di Jakarta, pada Rabu (18/10/2023).

Adapun jumlah pengguna Bank Jago saat ini mencapai sekitar 7,5 juta, dengan 35 persen dari mereka berasal dari ekosistem GoTo. Arief yakin peluncuran produk baru ini akan menarik lebih banyak pengguna dari Gopay.

Dia mengatakan, kontribusi dari ekosistem Gopay memiliki pengaruh signifikan terhadap pendanaan Bank Jago, dimana sebesar 72 persen dana yang masuk adalah dalam bentuk rekening giro dan tabungan.

Baca juga: Pertama di Indonesia, GoPay dan Bank Jago Luncurkan Tabungan Digital dengan Keunggulan E-Money

Pendanaan ini diberikan melalui aplikasi digital Jago yang dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan dan tidak ada kebutuhan perbankan yang belum terintegrasi dengan aplikasi Gopay.

“Bank Jago berencana untuk melakukan ekspansi lebih luas lagi, sehingga aplikasi Gopay dapat digunakan untuk melakukan transaksi yang lebih banyak,” ujarnya.

“Mayoritas pengguna Gopay yang terhubung dengan Jago akan memenuhi kebutuhan perbankan mereka,” tambah Arief.

Arief meyakini bahwa jumlah pengguna Bank Jago akan meningkat, terutama bagi jutaan pengguna ekosistem Goto yang belum memiliki akun di Bank Jago.

“Melalui kerja sama ini, akan memudahkan nasabah membuka rekening baru di Bank Jago,” tambahnya.

Baca juga: Nasabah Bank Jago Bertambah 3,7 Juta dalam Setahun Terakhir

Dalam hal pendanaan, GoPay Tabungan by Jago merupakan produk perbankan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal ini memberikan rasa keamanan yang lebih baik bagi nasabah. Dengan adanya kerja sama ini, batasan saldo dan transaksi maksimum di Gopay sebesar 20 juta hingga 40 juta akan dihapuskan.

“Oleh karena itu, transaksi besar seperti pembelian mobil melalui Tokopedia dapat dilakukan dengan mudah. Ini akan berkontribusi pada pertumbuhan bisnis Gopay dan Bank Jago di masa depan,” ungkap dia.

Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo Hans Patuwo mengatakan, kerja sama ini akan meningkatkan kinerja GoTo dalam aspek keuangan.

“Dengan adanya peningkatan jumlah pengguna yang lebih banyak dan melakukan lebih banyak transaksi di Gojek dan Tokopedia, dana masuk dapat menjadi sumber pendanaan untuk peminjaman,” jelas Hans.

GoTo telah meluncurkan layanan peminjaman sebelumnya dan sampai saat ini pertumbuhan peminjaman terus positif. Melalui kemudahan transfer dana dari rekening nasabah ke rekening Bank Jago, GoPay Tabungan by Jago diharapkan dapat menjadi sumber pendanaan yang membantu GoTo dalam sektor keuangan.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Berakhir di Zona Merah Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com