Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Ekonomi Maritim dan Contoh-contoh Kegiatannya

Kompas.com - 03/11/2023, 11:42 WIB
Muhammad Idris

Penulis

 

KOMPAS.com - Ekonomi maritim adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga. Arti dari ekonomi maritim adalah usaha atau kegiatan ekonomi yang dilakukan di kawasan lautan maupun pesisiri pantai.

Kegiatan ekonomi maritim cukup beragam seperti aktivitas penangkapan ikan, industri pembuatan kapal atau galangan kapal, pariwisata bahari, industri pengolahan hasil perikanan, jasa pelabuhan, eksplorasi dan eksploitasi migas, dan masih banyak lagi.

Apa itu ekonomi maritim?

Mengutip laman Institute for Defence Studies and Analyses (IDSA), ekonomi maritim adalah istilah yang digunakan untuk segala kegiatan ekonomi dan industri yang memanfaatkan sumber daya laut guna menghasilkan suatu produk atau jasa yang bernilai ekonomi.

Kegiatan ekonomi maritim dapat berupa kegiatan ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung berlangsung di laut maupun di darat namun berkaitan dengan laut.

Baca juga: 9 Potensi yang Dimiliki Indonesia sebagai Negara Maritim

Indonesia sendiri bisa dibilang merupakan negara maritim, mengingat lebih dari separuh wilayahnya berupa perairan dan kepulauan. Itu sebabnya, ekonomi maritim adalah salah satu urat nadi penggerak ekonomi di negara ini.

Dari mulai jutaan masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan, maupun mereka yang bekerja di sektor kelautan dan perikanan, serta industri terkaitnya secara tak langsung.

Kegiatan ekonomi maritim

Nah berikut ini beberapa contoh kegiatan ekonomi maritim:

1. Perdagangan

Perdagangan maritim adalah salah satu komponen utama ekonomi maritim. Ini melibatkan pengiriman barang-barang melalui laut menggunakan kapal-kapal kargo dan kapal kontainer. Pelabuhan-pelabuhan besar di seluruh dunia berperan sebagai pusat perdagangan internasional.

2. Transportasi laut

Transportasi laut adalah bagian penting dari ekonomi maritim dan berperan dalam pengiriman barang dan orang di seluruh dunia. Kapal penumpang dan kapal kargo digunakan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan, menggerakkan orang, barang, dan energi.

3. Perikanan

Aktivitas ekonomi maritim adalah perikanan. Sektor perikanan adalah bagian penting dari ekonomi maritim, dengan banyak komunitas yang bergantung pada perikanan sebagai mata pencaharian. Ikan, udang, kerang, dan sumber daya laut lainnya diambil dari laut untuk dikonsumsi atau dijual.

4. Energi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com