Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelita Air Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Sorong Setiap Hari, Simak Jadwalnya

Kompas.com - 07/12/2023, 11:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelita Air Service (PAS) kembali membuka rute penerbangan langsung ke Indonesia Timur, yaitu Jakarta ke Sorong.

Rute baru ini menjadi destinasi penerbangan ke-10 Pelita Air setelah Yogyakarta, Bali, Surabaya, Padang, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, dan Banjarmasin.

Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan reguler rute Jakarta-Sorong-Jakarta setiap hari menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class.

Baca juga: Pelita Air Tindak Tegas Penumpang yang Bercanda soal Bom

Adapun jadwal keberangkatan rute Jakarta-Sorong pukul 00.50 WIB dan tiba pukul 06.50 WIT serta rute Sorong-Jakarta pukul 07.40 WIT dan tiba pukul 09.35 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan.

Direktur Utama PT PAS Dendy Kurniawan mengatakan, dengan rute non-stop ini penumpang dapat mengurangi waktu tempuh sehingga dapat tiba di tujuan lebih cepat.

Oleh karenanya, pembukaan rute penerbangan baru ini diharapkan bisa mendukung konektivitas di Indonesia Timur dan mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia Timur.

"Semoga dengan adanya rute penerbangan Pelita Air ke Sorong, kami dapat memenuhi dahaga para wisatawan Indonesia yang ingin berwisata atau liburan, apalagi kita akan memasuki peak season Natal dan Tahun Baru," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/12/2023).

Namun Pelita Air tidak hanya berfokus pada konektivitas, tetapi juga memperkuat dukungan pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia Timur.

Baca juga: Tingkat Keterisian Pesawat di Bandara Kertajati Mencapai 75 Persen

Pasalnya, Sorong memiliki potensi luar biasa dengan keindahan alamnya yang belum terjamah, termasuk kekayaan bawah lautnya yang luar biasa.

"Kami berharap bahwa rute baru ini akan membuka lebih banyak pintu untuk wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Sorong dan sekitarnya," tuturnya.

Acara seremoni peluncuran rute ke-10 ini dilakukan di Bandar Udara Domine Eduard Osok (SOQ) Sorong dengan pemotongan pita dan pengalungan bunga oleh jajaran manajemen Pelita Air kepada perwakilan penumpang perdana penerbangan Jakarta-Sorong-Jakarta.

Baca juga: Wamen BUMN: Merger Citilink-Pelita Air Tunggu Garuda Indonesia Sehat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com