Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Utama yang Menggerakkan Produksi Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 17/12/2023, 20:59 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Faktor utama yang menggerakkan produksi ekonomi kreatif adalah ide atau biasa juga disebut dengan stock knowlegde. Konsep ekonomi kreatif merupakan konsep yang mengutamakan kemampuan berkreativitas dan berinovasi.

Mengutip laman United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), sejatinya eekonomi kreatif tidak mempunyai definisi tunggal.

Ekonomi kreatif adalah konsep yang terus berkembang yang dibangun berdasarkan interaksi antara kreativitas dan gagasan manusia serta kekayaan intelektual, pengetahuan dan teknologi. Pada dasarnya, kegiatan ekonomi berbasis pengetahuan inilah yang mendasari industri kreatif.

Industri kreatif yang mencakup periklanan, arsitektur, seni dan kerajinan, desain, fesyen, film, video, fotografi, musik, seni pertunjukan, penerbitan, penelitian & pengembangan.

Baca juga: Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia?

Kemudian perangkat lunak, permainan komputer, penerbitan elektronik, dan T atau radio, adalah industri yang paling banyak diminati dan menjadi urat nadi ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif merupakan satu kesatuan dari seluruh bagian industri kreatif, termasuk perdagangan, tenaga kerja, dan produksi.

Saat ini, industri kreatif merupakan salah satu sektor paling dinamis dalam perekonomian dunia yang memberikan peluang baru bagi negara-negara berkembang untuk melompati sektor-sektor ekonomi dunia yang sedang berkembang dengan pertumbuhan tinggi.

Faktor pendorong ekonomi kreatif

Hal utama yang dibutuhkan dalam ekonomi kreatif adalah ide. Yang mana setiap orang memiliki gagasan atau ide yang berbeda-beda.

Faktor produksi utama dalam ekonomi kreatif mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Baca juga: Bagaimana Upaya yang Dilakukan untuk Mengembangkan Ekonomi Kreatif?

Ekonomi kreatif mencakup berbagai sektor yang berfokus pada kreativitas, inovasi, dan ekspresi budaya. Faktor pendorong ekonomi kreatif sangat beragam dan mencakup berbagai aspek. Beberapa faktor pendorong ekonomi kreatif yang paling utama meliputi:

1. Inovasi dan kreativitas

Inovasi dan kreativitas adalah inti dari ekonomi kreatif. Kemampuan untuk menghasilkan ide baru, produk, dan layanan inovatif memberikan dorongan signifikan untuk pertumbuhan ekonomi kreatif.

2. Tingkat pendidikan dan keahlian

Pendidikan tinggi dan pelatihan keahlian dalam bidang seni, desain, teknologi informasi, dan industri kreatif lainnya membentuk pondasi untuk sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam ekonomi kreatif.

3. Teknologi dan digitalisasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com