Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Penumpang Whoosh Bisa Lebih Mudah Menuju Stasiun Tegalluar

Kompas.com - 24/12/2023, 19:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memperpanjang jam operasional akses menuju Stasiun Tegalluar yaitu Exit Tol KM 149 Tol Padaleunyi selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Jam operasional akses stasiun Tegalluar ini menjadi selama pukul 06.00-22.00 dari sebelumnya pukul 07.00-17.00 dan berlaku mulai Sabtu (23/12/2023).

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, perpanjangan jam operasional exit tol ini akan mempermudah penumpang Kereta Cepat Whoosh tujuan Stasiun Tegalluar yang akan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Baca juga: Anggaran Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Setara 4 Kali Lipat Bangun Kereta Cepat Whoosh

"Perpanjangan operasional ini akan semakin memudahkan penumpang yang akan berangkat menggunakan kereta pagi ataupun malam dari Stasiun Tegalluar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/12/2023).

Selain melalui akses tol, penumpang dengan tujuan Stasiun Tegalluar juga bisa menggunakan layanan shuttle yang tersedia menuju Summarecon Bandung, Masjid Al Jabbar, Stasiun Gedebage, Trans Studio Mall, Alun Alun Bandung, Pasar Baru, Stasiun Bandung, dan berbagai destinasi lainnya.

Peningkatan aksesibilitas untuk memudahkan penumpang kereta cepat terus dilakukan, mengingat saat ini KCIC secara konsisten terus melakukan penambahan jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh, menyesuaikan dari evaluasi berkala yang dilakukan KCIC.

Baca juga: Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Bertambah Saat Libur Natal, Simak Jadwalnya

Dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru, KCIC kembali menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari.

Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan ini, kapasitas kursi yang disediakan mencapai hingga 28.000 kursi perhari.

Adapun jam operasionalnya dimulai dari pukul keberangkatan pertama di pukul 06.15 WIB hingga kedatangan terakhir di pukul 21.16 WIB.

Baca juga: 2 Bulan Beroperasi, Ketepatan Waktu Kereta Cepat Whoosh Nyaris 100 Persen

"Penambahan perjalanan dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan penumpang yang diperkirakan akan melonjak di masa Nataru," ucapnya.

Libur Nataru, Jumlah Penumpang Kereta Cepat Whoosh Naik 20 Persen

KCIC mencatat jumlah penumpang kereta cepat Whoosh meningkat 20 persen selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Eva menyebut, selama 17-23 Desember 2023 KCIC telah melayani 123.000 penumpang atau naik 20 persen dibandingkan periode yang sama di pekan sebelumnya.

Baca juga: Menhub: Whoosh Sama Populernya dengan Shinkansen dan TGV

"Jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari sejauh ini mencapai 21.000 penumpang untuk keberangkatan 23 Desember 2023," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (24/12/2023).

Adapun sejak dioperasikan secara komersial sampai dengan 22 Desember 2023, tiket Kereta Cepat Whoosh yang telah dijual mencapai 965.000 tiket. Dimana berdasarkan survey, 55 persen di antaranya merupakan penumpang dengan tujuan untuk berlibur.

Baca juga: Kata Menhub soal Penambahan Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Kopo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com