Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Mau Kembangkan Pelabuhan di Dumai dan Natuna

Kompas.com - 09/02/2024, 16:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengembangkan dan memaksimalkan fungsi Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau dan Pelabuhan Selat Lampa di Provinsi Kepulauan Riau.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun meninjau langsung dua pelabuhan tersebut pada Kamis (8/2/2024) kemarin.

Ia mengatakan, potensi Pelabuhan Dumai sebenarnya sangat besar namun belum dimaksimalkan. Budi menyebut, pergerakan orang dari Dumai menuju Malaysia dan sebaliknya ternyata cukup banyak, sehingga ini bisa menjadi peluang.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun, ASDP Perkuat Layanan Operasional Pelabuhan dan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Hal itu diungkapkannya ketika meninjau Bandara Raja Haji Abdullah di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) pada Kamis (8/2/2024). Dok. Kementerian Perhubungan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Hal itu diungkapkannya ketika meninjau Bandara Raja Haji Abdullah di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) pada Kamis (8/2/2024).
Maka dari itu, dirinya telah memerintahkan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sebagai operator Pelabuhan Dumai untuk segera melakukan pengembangan agar fungsi pelabuhan tersebut dapat maksimal.

"Di Dumai saya melihat potensinya besar, namun fungsi pelabuhan belum maksimal. Pergerakan orang dari dan ke Malaysia cukup banyak. Maka, pelabuhan Dumai ini akan dimaksimalkan," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (9/2/2024).

Adapun pada Pelabuhan Dumai, dua pengembangan utama yang akan dilakukan adalah pengerukan kolam bandar serta pengembangan terminal penumpang.

"Kita rencanakan pelabuhan yang cantik dan akan diselesaikan dalam waktu dekat," imbuh Budi.

Baca juga: Tinjau Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk, Menhub: Kami Sudah Lakukan Perbaikan-perbaikan

Sementara itu, pada Pelabuhan Selat Lampa, sejumlah pembangunan yang akan dilakukan yakni pembangunan terminal dan lahan kontainer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com