Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Dhabi Port Lirik Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 26/11/2023, 10:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pengelola pelabuhan asal Uni Emirat Arab (UEA), Abu Dhabi Port, menyatakan minat untuk ikut mengelola dan mengembangkan Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Untuk menindaklanjuti minat tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan CEO Abu Dhabi Port Saif Al Mazrouei dalam kunjungan kerjanya ke UEA pada Sabtu (25/11/2023).

Pertemuan tersebut membahas lebih lanjut tentang minat pengelola pelabuhan besar di Timur Tengah tersebut, untuk bersama operator pelabuhan Indonesia mengelola Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban.

Baca juga: Proyek Pelabuhan Patimban Paket 6 Telan Biaya Rp 5,48 Triliun

Menhub mengatakan, pihaknya dan operator Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Patimban Internasional (PPI), memang tengah mencari mitra strategis yang mempunyai kemampuan dan kapasitas dalam mengelola pelabuhan internasional dan mempunyai jaringan global.

Oleh karenanya, dia mengapresiasi minat Abu Dhabi Port yang telah menyampaikan proposal penawaran kerja sama. Proposal ini telah diterima oleh PPI.

"Beberapa hal masih dinegosiasikan. Semoga dapat memberikan penawaran terbaik yang saling menguntungkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/11/2023).

Baca juga: Jalan Tol Akses Patimban Mulai Dibangun, Ditarget Rampung 2024

 

Dalam pertemuan tersebut, Menhub menyampaikan kepada pihak Abu Dhabi Port, Pelabuhan Patimban menjadi pelabuhan rantai pasok pertama di Indonesia, yang terintegrasi dengan kawasan industri yang ada sekitar pelabuhan (hinterland).

"Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh untuk membuat keberadaan Pelabuhan Patimban, dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan dapat meningkatkan daya saing bangsa," ucapnya.

Pemerintah terus mengebut penyelesaian pengembangan Pelabuhan Patimban. Saat ini pembangunan fase 1 berupa terminal kendaraan berkapasitas 218.000 CBU dan terminal peti kemas berkapasitas 250.000 TEUs telah rampung.

Kemudian kini tengah berlangsung tahap konstruksi pembangunan fase 2, yang akan meningkatkan kapasitas terminal kendaraan menjadi 600.000 CBU dan terminal peti kemas mencapai 3,75 juta TEUs.

Baca juga: Bisa Kurangi Biaya Logistik, Kemenhub Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Patimban

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com