Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Libur Natal 2023, KAI Siapkan 8 Kereta Tambahan, Tiket Sudah Bisa Dibeli

Kompas.com - 26/11/2023, 09:32 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menambah 8 rangkaian kereta tambahan untuk melayani penumpang selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

EVP Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, saat ini tiket 8 rangkaian kereta tambahan itu sudah dijual. Namun dia tidak menjelaskan berapa total kursi yang disediakan pada kereta tambahan tersebut.

"Nataru kita sudah membuka ticketing 45 hari, bahkan kita sudah menambah 8 kereta tambahan. Untuk penambahan 8 KA tambahan masa Nataru sudah kita jual," ujarnya saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (24/11/2023) malam.

Baca juga: KAI Jamin Data Penumpang di Layanan Face Recognition Aman

Seperti diketahui, selama periode Nataru biasanya jumlah penumpang kereta api akan meningkat karena pergerakan masyarakat untuk mudik dan liburan.

Selain menyiapkan rangkaian kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI juga menyiapkan penjaga perlintasan sebidang yang lebih banyak. Hal ini untuk memastikan perjalanan kereta api selama Nataru aman dan lancar.

Penjaga perlintasan sebidang ekstra ini disiagakan lantaran banyak perlintasan kereta yang akan dilewati kendaraan lain pada malam hari seperti bus dan truk.

Baca juga: KAI Punya Aset 270 Juta Meter Persegi, Baru Setengah yang Bersertifikat

"Nanti saat Nataru kita menyiapkan penjaga ekstra dari KAI, kita bayar sendiri semuanya. Untuk mengurangi atau memitigasi risiko yang tinggi karena ada perlintasan yang dilewati pada malam hari," ucapnya.

Dia menyebut, penjaga perlintasan sebidang ini akan ditambah di hampir semua wilayah daerah operasional (daop) KAI. Setiap daop akan menambah penjaga ekstra saat Nataru.

"Misalkan Jakarta itu dari sini sampai ke Cikampek itu pasti ada beberapa yang dijaga, ada 10-15 (perlintasan). Nanti dari Cikampek sampai Bandung, Bandung sampai Tasik, Tasik sampai Banjar itu terus-terusan (dijaga)," jelasnya.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Nataru via Aplikasi Access by KAI

Menurutnya, perlintasan sebidang ini harus dijaga untuk memitigasi adanya kecelakaan. Pasalnya selain merugikan penumpang karena perjalanannya terhambat, kecelakaan yang terjadi juga merugikan operator dari sisi biaya maupun operasional yang menjadi terhambat.

Sebagai informasi, per Jumat (24/11/2023), KAI mencatat sebanyak 445.704 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 21 persen dari tiket yang disediakan untuk periode Nataru yakni 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Fitur Connecting Train di Access by KAI dan Caranya

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia.

KA-KA yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru sejauh ini di antaranya, KA Bengawan relasi Pasarsenen-Purwosari pp, KA Airlangga relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi pp, KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar pp, KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Ketapang pp, dan lainnya.

Baca juga: KA Feeder Kereta Cepat Whoosh Anjlok, KAI: Tidak Ganggu Pelayanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com