Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Pelabuhan Patimban Paket 6 Telan Biaya Rp 5,48 Triliun

Kompas.com - 14/11/2023, 21:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Pelabuhan Patimban terus berlanjut setelah pembangunan tahap awal atau tahap 1-1 rampung pada 2020. Kini pembangunan pelabuhan yang berlokasi di Subang, Jawa Barat itu tengah memasuki tahap 1-2.

Pembangunan tahap 1-2 meliputi Paket 6 dengan lingkup pekerjaan pembangunan tambahan Dermaga Kontainer dengan panjang 419 meter, reklamasi untuk pembangunan terminal Kontainer seluas 27 hektar, serta pengerukan alur pelayaran dan kolam pelabuhan hingga kedalaman -14 meter.

Proyek Pelabuhan Patimban Paket 6 tersebut salah satunya dikerjakan oleh PT PP (Persero). Presiden Komisaris PTPP Andi Gani Nena Wea pun meninjau langsung pengembangan proyek tersebut pada Senin (13/11/2023) kemarin.

Baca juga: Jalan Tol Akses Patimban Mulai Dibangun, Ditarget Rampung 2024

Ia menuturkan, pengerjaan Pelabuhan Patimban Paket 6 merupakan proyek PTPP divisi infra 2 yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai anggaran Rp 5,48 triliun. Proyek ini dimulai sejak 5 Januari 2023.

"Proyek ini diperkirakan akan selesai pada 4 November 2025," ujar Andi dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Dengan demikian, pembangunan konstruksi Pelabuhan Patimban Paket 6 akan dilakukan selama 2,8 tahun atau 34 bulan. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 18,1 persen, lebih cepat dari target yang ditetapkan.

"Progres sejauh ini sudah 18,1 persen dari rencana 15,5 persen (ahead 2,6 persen)," imbuhnya.

Baca juga: Bisa Kurangi Biaya Logistik, Kemenhub Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Andi pun meminta kepada seluruh pekerja proyek untuk menjaga kualitas pekerjaan dengan baik serta menjaga keselamatan kerja.

Adapun pekerjaan Paket 6 akan melengkapi pekerjaan pada tahap sebelumnya yang telah terbangun dermaga kontainer sepanjang 421 meter, reklamasi terminal kontainer seluas 13 hektar, dan pengerukan alur pelayaran hingga kedalaman -10 meter.

Maka ketika pengerjaan Paket 6 rampung, total panjang dermaga kontainer yang terbangun mencapai 840 meter, luas area container terminal mencapai 40 hektar, dan alur pelayaran mencapai kedalaman -14 meter.

Sehingga diharapkan setelah proyek paket 6 selesai, kapasitas terminal peti kemas menjadi total 2 juta TEUS dan alur pelayaran dapat dilalui kapal-kapal petikemas raksasa dengan ukuran 61.000 DWT yang dapat mengangkut hingga 4.600 TEU's.

Baca juga: Tol Laut Patimban Angkut 800 Ton Beras Bulog Asal Jabar ke Aceh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com