Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuan Utama Adanya Perhitungan Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 13/03/2024, 12:51 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Tujuan utama adanya perhitungan pertumbuhan ekonomi adalah angkanya bisa menjadi indikator melihat kemajuan ekonomi suatu negara serta hasil dari pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah selama satu periode tertentu, biasanya satu tahun.

Mengutip Modul Pembelajaran Ekonomi SMA Kemendikbud, Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

Sedangkan Simon Kuznets menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi adalah keadaan dimana suatu negara mampu meningkatkan output (hasil produksi ekonomi) berdasarkan kemajuan teknologi yang diiringi dengan penyesuaian ideologi.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Pembangunan dan Fokus yang Dipelajarinya

Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi menunjukkan pertumbuhan produksi barang dan jasa di suatu wilayah perekonomian dalam selang waktu tertentu.

Semakin tinggi tingkat pertumbuhan ekonomi, maka semakin cepat proses pertambahan output wilayah, sehingga prospek perkembangan wilayah semakin baik. Dengan diketahuinya sumbersumber pertumbuhan ekonomi, akan dapat ditentukan sektor prioritas pembangunan.

Tujuan penghitungan pertumbuhan ekonomi

Perhitungan pertumbuhan ekonomi memiliki beberapa tujuan yang penting, di antaranya:

1. Mengukur kesehatan ekonomi

Tujuan utama adanya perhitungan pertumbuhan ekonomi yaitu untuk mengukur kesehatan dan kinerja ekonomi suatu negara atau wilayah.
Pertumbuhan ekonomi yang positif menunjukkan bahwa ekonomi sedang berkembang dan bergerak maju, sementara pertumbuhan negatif bisa menandakan resesi atau stagnasi ekonomi.

2. Perencanaan dan kebijakan

Kedua, tujuan utama dari perhitungan pertumbuhan ekonomi adalah data pertumbuhan ekonomi digunakan oleh pemerintah, bank sentral, dan lembaga kebijakan lainnya untuk merencanakan kebijakan ekonomi yang efektif.

Dengan memahami tingkat pertumbuhan ekonomi, pemerintah dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengelola inflasi, pengangguran, dan stabilitas ekonomi lainnya.

3. Evaluasi kinerja

Perhitungan pertumbuhan ekonomi memberikan cara untuk mengevaluasi kinerja ekonomi dari waktu ke waktu. Ini memungkinkan perbandingan antara periode tertentu dan membantu dalam menilai efektivitas kebijakan ekonomi yang telah dilaksanakan.

4. Menentukan standar hidup

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com