Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Ringan Berkisar antara Berapa Persen?

Kompas.com - 17/03/2024, 11:21 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Jenis-jenis inflasi bisa dibedakan berdasarkan tingkatannya. Untuk inflasi ringan berkisar antara di bawah 10 persen.

Sementara untuk kisaran 10 persen sampai dengan 30 persen disebut dengan inflasi sedang, lalu kisaran 30 persen sampai dengan 100 persen tergolong sebagai inflasi berat.

Inflasi sangat berat atau juga biasa disebut dengan hiperinflasi, merupakan inflasi yang berada di atas 100 persen per tahun.

Mengutip Buku Siswa Ekonomi Peminatan Ilmu-ilmu Sosial untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 yang ditulis Darsono, inflasi adalah suatu keadaan ketika tingkat harga secara umum (price level) cenderung mengalami kenaikan.

Inflasi bisa terjadi akibat adanya beberapa faktor, di antaranya adalah adanya kenaikan permintaan yang melebihi penawaran, kenaikan biaya produksi, meningkatnya jumlah uang yang beredar, meningkatnya pengeluaran pemerintah, dan berbagai macam faktor lainnya.

Baca juga: Pengertian Inflasi, Penyebab, Dampak, dan Mengatasinya

Jenis inflasi berdasarkan tingkat keparahannya

Menurut Boediono (1985), inflasi ini terbagi atas empat jenis yaitu: inflasi ringan, inflasi sedang, inflasi berat dan inflasi sangat berat.

1. Inflasi ringan

Inflasi ini tidak begitu mengganggu keadaan perekonomian karena harga-harganya hanya mengalami kenaikan secara umum. Inflasi ringan berkisar antara di bawah 10 persen per tahun.

2. Inflasi sedang

Sementara inflasi sedang membahayakan kegiatan perekonomian karena inflasi ini dapat menurunkan kesejahteraan masyarakat yang memiliki penghasilan tetap. Inflasi sedang berkisar antara 10-30 persen per tahun.

3. Inflasi berat

Untuk inflasi berat sendiri dapat mengacaukan kondisi perekonomian karena masyarakat tidak ingin menabung lagi di bank dikarenakan bunga bank jauh lebih kecil daripada laju inflasi. Inflasi ini berkisar antara 30-100 persen per tahun.

4. Hiper inflasi

Sedangkan inflasi sangat berat adalah inflasi yang sudah sangat sulit dikendalikan dikarenakan inflasi ini berkisar 100 persen per tahun. Jenis inflasi berdasarkan tingkat keparahannya ini adalah yang dampaknya paling parah.

Baca juga: Rumus dan Cara Menghitung Inflasi Tahunan dan Bulanan

Inflasi berdasarkan penyebabnya

Inflasi dapat dibedakan berdasarkan penyebabnya menjadi beberapa jenis. Berikut adalah beberapa jenis inflasi berdasarkan penyebabnya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com