Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024, Airlangga: Kemenangan untuk Rakyat

Kompas.com - 21/03/2024, 15:10 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas kemenangan gelaran pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024.

Ucapan itu disampaikan Airlangga melalui unggahan di akun resmi Instagram-nya, @airlanggahartarto_official.

"Selamat kepada Presiden Terpilih, Bapak Prabowo Subianto, dan Wakil Presiden Terpilih, Bapak Gibran Rakabuming Raka, yang telah diumumkan secara resmi oleh KPU RI sebagai pemenang Pilpres 2024," kata Airlangga, dikutip Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Bahlil: Kemenangan Prabowo-Gibran Bukti Kepercayaan Rakyat

Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran juga mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik pengusung, tim kampanye nasional dan daerah, para pendukung, relawan dan masyarakat Indonesia yang telah memilih pasangan calon presiden nomor urut 2.

"Kemenangan untuk rakyat, bangsa dan negara. Indonesia maju!," ujar Airlanga.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Penetapan dilakukan setelah rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dinyatakan selesai pada Rabu (20/3/2024) pukul 22.19 WIB. Rekapitulasi meliputi perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri.

Prabowo-Gibran dinyatakan menang atas dua pasangan calon lainnya dengan selisih cukup jauh. Paslon nomor urut 2 ini dinyatakan memperoleh 96.214.691 suara atau sekitar 58,58 persen dari seluruh suara sah nasional. Dengan hasil ini, Prabowo-Gibran di atas kertas memenangi Pilpres 2024 satu putaran.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Asisten Khusus Prabowo Jadi Komisaris PT Pindad

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com