Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Depo di Surabaya, Pertamina Pastikan Kesiapan Penyaluran BBM dan Elpiji Selama Ramadhan

Kompas.com - 22/03/2024, 17:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, Pertamina Patra Niaga memastikan kesiapan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji selama bulan Ramadhan 2024 dan mudik Lebaran mendatang.

Pengecekan Integrated Terminal Surabaya Group atau Depo Pertamina di Surabaya pun dilakukan pada 21 Maret 2023 untuk memastikan depo terbesar kedua setelah Terminal Plumpang ini, mampu menyalurkan BBM dan elpiji dengan baik.

"Integrated Terminal Surabaya Group sangat vital bagi penyaluran energi di Jawa Timur. Untuk itu kami cek kesiapannya dari segi sarana dan fasilitas serta kesiapan build up stok," ujar Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra dalam keterangannya, Jumat (22/3/2024).

Baca juga: Kasus Oplos Elpiji 3 Kg di Bandung, Pertamina Proses Hukum 4 Pelaku

Selain sarana-fasilitas dan stok, untuk memastikan layanan berjalan dengan baik juga difokuskan pada integrasi digitalisasi di Integrated Terminal Surabaya Group dengan SPBU.

Saat ini di sekitar 1.600 SPBU sudah diterapkan auto replenishment, di mana SPBU bisa meminta pengiriman BBM secara otomatis sebagai antisipasi sebelum stok di SPBU menipis.

"Semua upaya ini juga harus tetap memastikan aspek safety baik untuk kenyamanan masyarakat, serta untuk operasional perusahaan yang baik," kata dia.

Sementara itu, Direktur Logistik & Infrastruktur PT Pertamina (Persero), Alfian Nasution menambahkan, perlunya memperhatikan beberapa aspek untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan energi jelang Idul Fitri.

Pertama, kehandalan sarana-fasilitas harus dipastikan dalam kondisi 100 persen, sehingga siap untuk memenuhi lonjakan kebutuhan energi.

Kedua, para pekerja operator, awak mobil tanki harus dipastikan dalam kondisi sehat dan fit. Maka mengelola kelelahan menjadi poin penting yang harus dicek setiap hari.

"Terakhir, kehandalan suplai, pastikan alternatif distribusi disiapkan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan," sebut dia.

Baca juga: Cari Cadangan Migas Baru, Pertamina Hulu Rokan Bor Sumur Eksplorasi Pinang East-1

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com