Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tinjau Panen Raya, Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

Kompas.com - 29/03/2024, 13:53 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama Ramadhan dalam kondisi yang aman.

Hal tersebut disampaikan Mentan setelah mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja untuk meninjau stok beras dan memberikan bantuan pangan di Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (27/3/2024).

Mentan menyebutkan bahwa saat ini, masa panen raya telah tiba di berbagai tempat sejak awal Maret 2024. Panen raya akan berlangsung hingga April 2024. Hal ini memberikan kepastian bagi pasokan beras dalam negeri.

Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi, produksi beras melesat 3,54 juta ton pada Maret 2024 dan puncaknya pada April 2024 sebesar 4,92 juta ton.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan dapat belanja dengan bijak kebutuhan beras hariannya,” ujar Mentan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (29/3/2024).

Baca juga: Mentan Amran Serahkan Rp 54 Triliun untuk Pupuk Bersubsidi, Jadi Catatan Sejarah bagi Indonesia

Kementan, lanjut Mentan, tidak hanya berhenti pada produksi saat ini, tapi juga terus memacu produksi beras melalui strategi “tanam culik”.

Mentan berharap, petani dapat segera menanam padi kembali seusai panen. Pemerintah akan menjamin benih, pupuk, serta pompanisasi air bagi daerah yang membutuhkan dukungan irigasi.

“Presiden telah meresmikan salah satu bendungan yang manfaatnya untuk meningkatkan produktivitas lahan. Masalah irigasi terpecahkan. Sebelumnya, pupuk juga sudah ditambah subsidinya. Negara akan terus mendukung petani,” tambahnya.

Baca juga: Kunjungan ke Sulteng, Jokowi Apresiasi Gebrakan Mentan Amran Lakukan Percepatan Tanam Padi

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat di Kompleks Pergudangan Bulog Kalangkangan, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024).

Pada acara tersebut, Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat. Presiden juga meninjau panen raya serta meresmikan bendung irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi, Sulteng.

Kunjungan tersebut mencerminkan komitmen Presiden Jokowi dalam mengawal ketahanan pangan nasional dan keberpihakan pemerintah terhadap pertanian nasional.

Acara tersebut dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, dan Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com