Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Performa, KAI Logistik Hadirkan Layanan "Open Side Container"

Kompas.com - 29/03/2024, 12:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Logistik menjadi salah satu pendorong ekonomi nasional. KAI Logistik terus menyempurnakan layanan jasa logistik yang ditawarkan salah satunya melalui inovasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengungkapkan, inovasi selalu menjadi bagian dari komitmen penyempurnaan layanan di seluruh segmen produk.

"Ttermasuk Kalog Plus melalui layanan kontainer bukaan samping (open side container) yang ditawarkan untuk pengangkutan general cargo melalui layanan distribusi kontainer berbasis kereta ap," ujar Malik dalam keterangan tertulis, Jumat (29/3/2024).

Baca juga: KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

KAI Logistik Sediakan Layanan Freight ForwardingKai logistik KAI Logistik Sediakan Layanan Freight Forwarding

Pada layanan angkutan kontainer, Kalog Plus menawarkan ragam pengangkutan kontainer yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan seperti dry container standard, dry container high cube, reefer container (kontainer berpendingin) hingga open side container.

Pengangkutan menggunakan open side container memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelaku bisnis, seperti keleluasaan dalam melakukan pemuatan atau pembongkaran barang ke dalam kontainer (stuffing/stripping) di area loading dock yang terbatas, hingga meningkatkan aksesibilitas dalam penataan barang di dalam kontainer yang menggunakan bantuan forklift dan palet.

“Proses pemuatan dan pembongkaran merupakan proses rantai pasok yang penting. Dengan terwujudnya proses pemuatan dan pembongkaran yang efektif dan efisien mampu mempersingkat lead time logistik, yang akan berdampak pada rantai pasok yang lebih efektif dan mendorong peningkatan performa logistik,” jelas Malik.

Sejak 2020, KAI Logistik telah menawarkan layanan kontainer menggunakan open side container dan mendapatkan tanggapan yang positif dari pelaku bisnis.

Baca juga: Optimalkan Bisnis Kurir, KAI Logistik Perluas Jaringan Layanan Penjemputan Paket

Tingkat utilisasi open side container selalu menyentuh angka yang optimal terutama masa peak season seperti Idul Fitri dan Nataru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com