Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beban Puncak Diprediksi 32.000 MW, PLN Pastikan Pasokan Listrik Saat Lebaran Aman

Kompas.com - 08/04/2024, 03:30 WIB
Yohana Artha Uly,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik saat momen perayaan Lebaran mendatang dalam kondisi aman. PLN bersiaga memastikan keandalan sistem kelistrikan, personel hingga infrastruktur pendukung.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasojo mengatakan, beban puncak saat Hari Raya Idul Fitri 1445 H diperkirakan sebesar 32.000 megawatt (MW) atau tepatnya mencapai 32.749 MW.

Meski begitu, daya mampu pasok listrik PLN sebesar 51.350 MW. Artinya, masih ada cadangan sebesar 18.602 MW, yang menandakan kondisi kelistrikan sangat aman.

Baca juga: Genjot Transisi Energi, PLN Indonesia Power Kebut Proyek PLTS 500 MW

Ilustrasi listrik. SHUTTERSTOCK/JITTAWIT21 Ilustrasi listrik.

"Seluruh pembangkit, jaringan transmisi dan distribusi juga pada kondisi terbaik dan prima," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Minggu (7/4/2024).

Pada sisi pembangkit, PLN Indonesia Power pun memastikan kesiapan dengan memajukan waktu pemeliharaan pembangkit dan operasional sistem. Selain itu, melakukan inspeksi dan pengecekan secara rutin pada pembangkit.

Kesiapan pembangkit juga tak lepas dari stok energi primer yang di atas hari operasi pembangkit (HOP). Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, saat ini stok energi primer di atas 20 HOP.

Adapun PLN Indonesia Power mengoperasikan 431 mesin pembangkit di 107 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Mudik Lebaran 2024, PLN Siagakan 1.124 SPKLU di Seluruh Indonesia

Kondisi sistem pembangkitan yang aman tersebut diyakini mampu menunjang aktivitas pelanggan PLN baik golongan rumah rangga, tempat ibadah, industri dan bisnis.

"Dengan daya pasok listrik yang tersedia maka dari sisi sistem pembangkitan sangat aman, kami pun optimis mampu menyediakan listrik untuk memenuhi kebutuhan seluruh golongan pelanggan," kata Edwin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com