Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi "Turnaround" Ubah Rugi Jadi Laba Berhasil, Angela Simatupang Kembali Pimpin IIA Indonesia hingga 2027

Kompas.com - 24/05/2024, 11:18 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi profesi auditor The Institute of Internal Auditors Indonesia (IIA Indonesia), afiliasi dari organisasi profesi The Institute of Internal Auditors (IIA) yang memiliki lebih dari 200.000 anggota di lebih dari 170 negara, kembali memilih Angela Simatupang sebagai Presiden periode 2024-2027.

Pemilihan tersebut terjadi dalam rapat umum anggota yang diselenggarakan pada Selasa, 21 Mei 2024. 

Angela sebelumnya menjabat sebagai President IIA Indonesia pada periode 2021-2024 dan Vice President IIA Indonesia pada periode 2018-2021. Angela juga anggota dewan standar IIA Global (Internasional Internal Audit Standards Board) sejak tahun 2019.

Dalam laporan pertanggungjawaban yang disampaikan oleh IIA Indonesia di rapat umum anggota, terlihat bahwa IIA Indonesia dibawah kepemimpinan Angela Simatupang selama periode 2021-2024 berhasil menjalankan strategi turnaround.

Baca juga: Erick Thohir Tak Mau Lagi Perusahaan BUMN Gunakan Auditor “Abal-abal”

Pendapatan 2023 meningkat 154 persen dibandingkan 2020, dan dari rugi di 2020 menjadi laba, dimana rasio laba ke pendapatan, dari negatif 36 persen di tahun 2020 menjadi positif 33 persen di tahun 2023.

‘’Hal ini dapat terjadi karena komitmen seluruh pengurus IIA Indonesia dan dukungan anggota, dan tentunya hal yang dihasilkan oleh IIA Indonesia ditujukan untuk dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk seluruh anggota,” jelas Angela dalam keterangannya, Jumat (23/5/2024).

Angela juga mengatakan pentingnya sosialisasi praktik audit perusahaan standar baru, yakni Global Internal Audit Standards.

“Pembaruan standar ini, diharapkan juga bisa memberikan positioning untuk profesi internal audit dan empowerment untuk bisa membantu pencapaian objective sebuah organisasi," tambah Angela.

Baca juga: Era Industri 4.0, Bagaimana Kesiapan Auditor Perusahaan?

Selain itu, hingga 2027 dia menjanjikan juga untuk meneruskan aktivitas advokasi, riset, hingga peningkatan kompetensi profesi.

"Untuk peningkatan pemahaman mengenai profesi juga terus kami lakukan di berbagai universitas dalam upaya membantu adanya internal audit ready resources di masa yang akan datang,” tambah Angela.

Dalam rapat umum anggota IIA Indonesia tersebut, selain menetapkan Angela menjadi President untuk periode 2024 – 2027, juga menetapkan pengurus lainnya yang berasal dari berbagai insitusi lintas sektor dan industri seperti antara lain Astra, BPKP, Deloitte, IFG, Kaldu Sari Nabati, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, SKK Migas, Solusi Bangun Indonesia, Moladin Digital, PLN, Pertamina.

Kandidat pengurus yang dipilih dalam rapat umum anggota telah melewati proses seleksi yang dilakukan oleh Komite Nominasi IIA Indonesia. Anggota Komite Nominasi independen dari operasional IIA Indonesia dan dipimpin ketua Setyanta Nugraha beserta anggota Evi Damayanti, Setyo Wibowo dan Nicholas Tobing.

Komite Nominasi ini juga dalam kesehariannya bekerja di institusi yang lintas sektor/industri, yaitu Sekretariat Jenderal DPR RI, Bank Danamon, Sarana Multi Infrastruktur dan Amazon Web Services, agar memperkaya perspektif dalam proses seleksi untuk kemajuan IIA Indonesia.

Baca juga: Laporan Keuangan Bermasalah, Garuda Diminta Ganti Auditor

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com