Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Startup" Chickin Siap Dukung Ketahanan Pangan Indonesia

Kompas.com - 13/06/2024, 14:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mendukung perkembangan industri smart agriculture yang mengintegrasikan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk di sektor agrikultur.

Dalam sambutannya di acara Hari Ulang Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ke-52 di Jakarta awal pekan ini, Jokowi mengatakan bahwa bisnis seperti Chickin adalah salah satu perusahaan rintisan yang inovatif.

Ini karena Chickin telah berhasil mengembangkan sistem smart farming dengan dukungan internet of things (IoT) untuk peternakan ayam.

“Saya lihat sudah ada di HIPMI, Chickin Indonesia, smart farming peternakan ayam yang awalnya hanya 1.000 ekor sekarang sudah ada 45 juta ekor ayam.” kata Jokowi.

Baca juga: KoinWorks Gandeng Chickin Sediakan Pembiayaan bagi Peternak Ayam

Chickin adalah perusahaan yang fokus pada smart farming di bidang peternakan ayam, dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi.

Chickin menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) dan analitik data untuk memonitor dan mengelola kondisi lingkungan kandang serta kesehatan ayam secara real-time.

Pendekatan ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan produksi, tetapi juga memastikan kesejahteraan ternak melalui manajemen yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan ayam.

Baca juga: Pembiayaan Startup BCA Turun dalam 6 Tahun Terakhir, Apa Sebabnya?

Direktur Utama Chickin Tubagus Syailendra Wangsadisastra menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen perusahaannya dapat terus mendukung pemerintah dalam program-program ketahanan pangan terutama dalam hal peningkatan level konsumsi protein.

"Level konsumsi protein kita perlu terus ditingkatkan. Hal ini sangat mungkin bisa dicapai dengan perkembangan pesat UMKM berbahan baku ayam," kata Tubagus Syailendra Wangsadisastra.

Dia bilang ke depannya Chickin akan semakin fokus untuk meningkatkan akses permodalan bagi para peternak ayam dan juga membantu mereka untuk meningkatkan pendapatan lewat membuka akses seluas-luasnya untuk penjualan.

"Dari hulu ke hilir, kami akan meningkatkan penetrasi kami ke peternakan, pakan dan ternak, hingga akses pasar. Kami berkomitmen untuk mendorong kemajuan para peternak," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com