Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MIND ID Resmi Jadi Pemegang Saham Terbesar Vale Indonesia

Kompas.com - 02/07/2024, 07:16 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Industri Pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID telah menyelesaikan transaksi pembelian 14 persen saham divestasi PT Vale Indonesia (INCO) dari Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM).

Rampungnya transaksi tersebut sekaligus menjadikan MIND ID sebagai pemegang saham terbesar di Vale Indonesia.

MIND ID telah merampungkan pengambilan bagian atas saham baru sebagai pelaksanaan atas seluruh Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang diperoleh MIND ID dalam penambahan modal dengan memberikan HMETD I Vale Indonesia pada 28 Juni 2024.

Baca juga: MIND ID Bukukan Laba Rp 9,94 Triliun pada Kuartal I 2024

MIND ID pun telah menyelesaikan pembelian atas sebagian saham lama milik VCL, SMM, dan Vale Japan Limited di PT Vale melalui pasar negosiasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Melalui penyelesaian transaksi ini, MIND ID resmi menjadi pemegang saham terbesar di PT Vale dengan porsi saham yang meningkat dari 20 persen menjadi sekitar 34 persen," ujar Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf dalam keterangannya, Senin (1/7/2024).

Sementara itu, kepemilikan saham VCL di Vale Indonesia berkurang dari sebelumnya 44,4 persen menjadi sekitar 33,9 persen, dan kepemilikan SMM berkurang dari 15 persen menjadi sekitar 11,5 persen.

Adapun divestasi saham ini merupakan bagian dari kewajiban perpanjangan izin operasi selama 10 tahun yang diperoleh Vale Indonesia melalui penerbitan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) hingga 28 Desember 2035.

Vale Indonesia menerima penerbitan IUPK pada 3 Mei 2024 sebagai kepastian hukum bagi perusahaan untuk tetap beroperasi di wilayah konsesinya.

Heri menuturkan, perseroan mengapresiasi dukungan pemerintah serta lembaga terkait yang terlibat dalam proses divestasi ini. Menurutnya, MIND ID akan terus berkolaborasi dengan VCL dan para pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan Vale Indonesia.

Baca juga: Kementerian BUMN Ungkap Alasan Grace Natalie Jadi Komisaris MIND ID

"Kami akan mengoptimalkan proses hilirisasi terhadap hasil tambang PT Vale agar dapat mendukung industri dalam negeri serta kebutuhan ekspor dalam mendukung program hilirisasi," jelasnya.

Ia menambahkan, akuisisi saham Vale Indonesia ini menjadi langkah strategis MIND ID agar Indonesia dapat mengambil posisi yang lebih kuat untuk mengamankan pasokan bahan baku industri hilir berbasis nikel.

Terlebih, komoditas nikel menjadi salah satu sumber daya mineral strategis dan penting bagi dunia di mana nikel telah menjadi bahan baku utama baterai untuk kendaraan listrik dan infrastruktur penyimpan listrik.

"Aksi korporasi ini menjadi momentum dalam memperkuat posisi Indonesia dalam industri baterai dan kendaraan listrik ke depan," tutup Heri.

Baca juga: Jadi Presiden Komisaris Vale Indonesia, Simak Profil Rachmat Kaimuddin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com