Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Video Viral Penumpang Pesawat Citilink Hanya Satu Orang

Kompas.com - 05/07/2019, 06:29 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video beredar luas di media sosial, khususnya Instagram. Video tersebut direkam seorang penumpang laki-laki yang menunjukkan bahwa ia satu-satunya penumpang dalam pesawat yang ia tumpangi.

Dari video itu, terlihat motif dan warna sayap pesawat juga tulisan yang tertera pada bagian atas kursi penumpang menunjukkan khas maskapai Citilink.

Ada yang menyebut bahwa pesawat ini bertolak dari Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, menuju Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

Narasi yang beredar

Beberapa akun membagikan video ini, dengan beragam narasi. Salah satunya yang diunggah Instagram @jaff_arman.

"Serasa selebritis. Siapa mau carter (ikon pesawat) kayak bapak ini??? kalo lama-lama seperti ini bangkrut gak ya?" demikian tulis akun tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

. PUNYA GADGET CANGGIH ??? Let's Go berselancar...???? No kaleng-kaleng..???? . Cek Ki Dot @digdayatv . Ada apa dengan maskapai penerbangan Indonesia? Jangan jangan manusia sekarang pada punya sayap??? Suparman dong!...???? Bangun bangun kendalikan imaginasi mu Serasa selebritis Siapa mau carter ???? kayak bapak ini??? kalo lama-lama seperti ini bangkrut gak ya? Ruang 4.0 Memberi mu Demokrasi lebih di dunia mbak Maya. . Di depan revolusi 5.0 ???????? . Jurnalis di ruang massa . @jaff_arman . #geloranews #belakedaulatanrakyat #opposite6890 #GerakanNasionalKedaulatanRakyat #maskapai #jakarta #JihadKonstitusional #nokalengkaleng #digdayatv #jokowimundur #putusanmk #acehreferendum #jangandiam #opposite6890 #uninstalljokowi #saveourdemocracy #dukungprabowo #mahasiswaindonesia #diskualifikasijokowi #ilctvone #viral #indonesiafraudelection #inaelectionobserversos #massivefraudelection #viralvideos #jaff_arman #diskualifikasijokowi #putusanmk

A post shared by JURNALIS DI RUANG MASSA (@jaff_arman) on Jul 1, 2019 at 2:16pm PDT

Dalam video berdurasi 40 detik itu, si penumpang yang mengenakan baju hitam dan berkacamata itu menyebut dirinya tengah melakukan perjalanan menuju Surabaya.

“Mantap, carter pesawat ke Surabaya Rp 1.100.000,” ujarnya sembari menggerakkan kamera ke arah sayap pesawat dan bangku di depan juga belakang.

Penumpang tunggal di penerbangan  maskapai CitilinkInstagram/@jaff_arman Penumpang tunggal di penerbangan maskapai Citilink

Penelusuran Kompas.com

Penelusuran Kompas.com belum menemukan informasi pasti mengenai rute pesawat maupun penumpang dalam video yang bisa dikonfirmasi.

Upaya konfirmasi dilakukan dengan mengklarifikasinya kepada pihak Citilink Indonesia.

VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia Resty Kusandarina, saat dihubungi pada Rabu (3/7/2019) sore, mengatakan, pihaknya juga belum mendapatkan informasi detail penerbangan yang ditumpangi penumpang dalam video itu.

“Mengenai video itu, karena di dalam video tersebut tidak terdapat waktu maupun detail penerbangan, kami tidak dapat memastikan mengenai video tersebut,” kata Resty.

Selengkapnya Baca juga: Viral Video Penumpang Pesawat Hanya Satu Orang, Ini Penjelasan Citilink

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com