Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Jual Mereda, Wall Street Dibuka Menghijau

Kompas.com - 17/03/2020, 21:43 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melorot dalam di awal pekan, Wall Street bergerak tipis di awal perdagangan Selasa (17/3/2020). Pada pukul 21.10 WIB, Dow Jones Industrial Average naik tipis 0,07 persen ke 20.100.

Indeks S&P 500 menguat 0,10 persen ke 2.388. Sedangkan Nasdaq Composite menguat 0,21 persen ke 6.918. Sementara yield US Treasury bertenor 10 tahun naik ke 0,791 persen.

Aksi jual pasar saham Amerika Serikat (AS) yang mulai mereda ini ditopang oleh rencana lebih banyak stimulus fiskal untuk menghadapi virus corona.

"Saya pikir semua setuju kalau stimulus fiskal dan moneter tidak menghentikan virus, tapi setidaknya ini akan mengurangi tekanan," kata Azad Zangana, senior European economist and strategist Schroders kepada Reuters.

Baca juga: Indeks Terus Terpuruk, Bursa Hentikan Perdagangan Saham

Zangana menambahkan bahwa pasar saat ini sangat murah. "Masalah besarnya adalah momentum dan keyakinan pasar secara umum," kata dia.

Kemarin, kapitalisasi S&P 500 hangus 2,7 triliun dollar AS setelah indeks saham ini mencatat penurunan paling dalam ketiga dalam sejarah. Dalam 18 hari, indeks acuan ini kehilangan kapitalisasi 8,3 triliun dollar AS.

"Fokus pasar berpihak ke respons fiskal terhadap virus corona. Pasar saat ini terkunci dalam pola naik dan kemudian melanjutkan penurunan," kata Junichi Ishikawa, senior FX strategist IG Securities.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Wall Street bergerak tipis setelah ambyar di awal pekan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com