Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Melejit, Sri Mulyani Nilai Daya Saing Produk RI Meningkat

Kompas.com - 20/04/2021, 12:32 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja ekspor Indonesia pada Maret 2021 mencapai 18,35 miliar dollar AS, atau tumbuh sebesar 30,74 persen secara tahunan. Nilai ekspor didominasi oleh ekspor non-migas sebesar 17,4 miliar dollar AS.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kinerja ekspor yang impresif itu menunjukkan pemulihan ekonomi yang kuat setelah terhantam pandemi Covid-19.

Kinerja ekspor juga dinilai menggambarkan adanya pertumbuhan daya kompetisi produk-produk non-migas yang diekspor Indonesia.

"Ini menunjukkan kondisi perekonomian kita mampu untuk terus meningkatkan produk-produk non migas yang menembus pasar dunia," kata Sri Mulyani dalam Konferensi 500.000 UMKM Baru secara daring, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Bank Sentral Inggris Buka Kemungkinan Terbitkan Mata Uang Digital

Bendahara negara itu menyebut, pencapaian ekspor yang impresif merupakan hasil dari sebuah ekosistem ekspor nasional. GPEI sebagai asosiasi pengusaha ekspor dianggap memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja ekspor.

Memang menurut wanita yang akrab disapa Ani ini, suksesnya ekspor sebuah negara tidak tergantung pada satu pihak, yakni pemerintah. Namun lebih bergantung pada peranan private sector dan berbagai elemen pendukungnya.

"Jadi para pengusaha ekspor dapat lebih terintegrasi dan bersinergi melalui wadah GPEI. Dan menciptakan serta menjaga agar para pengusaha bisa saling mendukung menjadi ready and capable for export," ungkap Ani.

Ani mengungkapkan, peran asosiasi di dalam lingkungan industri ini juga penting dalam meningkatkan daya saing dan meningkatkan ekspor menembus pasar global.

Baca juga: Seminggu Puasa, Bagaimana Harga Telur, Daging Ayam, dan Cabai Secara Nasional?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com