Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Pontianak Segera Digantikan Terminal Kijing, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 09/08/2022, 17:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Direktur Utama (Dirut) Pelindo Arif Suhartono mengatakan, Pelabuhan Pontianak akan digantikan dengan Terminal Kijing yang baru saja diresmikan, pada Selasa (9/8/2022) di Mempawah, Pontianak, Kalimantan Barat. Arif mengatakan, penggantian ini dilakukan karena sudah over capacity.

“Jadi pertama seperti yang disampaikan, bahwa ini adalah sebagai pengganti Pelabuhan Pontianak dimana saat ini terjadi traffic dan kelebihan kapasitas di Pontianak. Ini memang di desain sebagai pengganti Pelabuhan Pontianak, dan diharapkan dapat mendorong kegiatan industri di sekitar pelabuhan,” kata Arif.


Baca juga: Ada Potensi Ekonomi yang Besar, Jokowi Buka Kesempatan Investasi di Terminal Kijing

Arif berharap industir di sektiar pelabuan yang akan berbasis resources, seperti CPO, bauksit, dan alumina. Namun demikian, penutupan Pelabuhan Pontianak akan dilakukan setelah akses pelebaran jalan dari Pontianak ke Kijing dilakukan pelebaran.

Dengan demikian pada 1 Januari 2024, sebagian peti kemas dapat menggunakan Terminal Kijing.

“Karena 70 persen kargo di Pelabuhan Pontianak berasal dari daerah sekitarnya, dan 30 persen dari daerah disini, untuk itu kita berharap pemerintah segera melebarkan jalan ke arah Pontianak, dan diharapkan secara bertahap Pelabuhan Pontianak akan kita geser ke sini, khususnya peti kemas,” lanjutnya.

Baca juga: Jokowi: Saya Kaget Terminal Kijing Segede Ini...

Arif bilang saat ini Terminal Kijing sudah beroperasi penuh, dan sudah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan secara permanen. Ia menegaskan untuk penutupan Pelabuhan Pontianak akan dilakukan setelah pelebaran jalan, dan tol sudah dibangun.

“Sudah beroperasi penuh saat ini, dan pelabuhan ini bisa digunakan, sudah mendapat izin resmi dari Kementerian Perhubungan. Terait penutupan Pelabuhan Pontianak, ada persyaratan jalannya sudah dilebarkan, dan ada jalan tol yang menghubungkan Singkawang dengan Pontianak,” tanjut dia.

Baca juga: Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, Jokowi: Ini Terbesar di Kalimantan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com