Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat "Branchless Financing", BRI Finance Optimalkan Sinergi dengan Induk Usaha

Kompas.com - 10/10/2022, 18:33 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) memperluas pasar dengan memacu pertumbuhan branchless financing.

Hal tersebut dilakukan melalui strategi optimalisasi sinergi bersama jejaring induk usaha yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Direktur Utama BRI Finance Azizatun Azhimah mengatakan, saat ini pihaknya memiliki total 177 titik branchless financing hampir di seluruh Kantor Cabang BRI.

Salah satu tujuannya untuk melayani potensi pembiayaan kendaraan bermotor yang berasal dari nasabah eksisting BRI. Sedikit catatan, BRI Finance merupakan salah satu entitas anak BRI yang bergerak di bidang pembiayaan.

Baca juga: Menteri ESDM Ajak Negara CCOP Konsisten Terapkan Paris Agreement

“Selain itu branchless financing BRI Finance yang menjangkau hingga daerah tingkat II (kabupaten) di Indonesia juga untuk menangkap potensi bisnis konsumer melalui kerja sama dengan dealer dan showroom yang tidak terlayani oleh perusahaan multifinance lain,” ujar Azizatun dalam siaran pers, Senin (10/10/2022).

Ia mengatakan penambahan layanan melalui branchless financing untuk memperluas pasar yang ditempuh BRI Finance cukup masif dilakukan pada kuartal II-2022.

Pada periode tersebut terdapat penambahan sebanyak 27 titik dari jumlah semula 150 titik.

Penambahan layanan tersebut berfokus pada daerah yang memiliki potensi dealer kendaraan bermotor dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang besar. Branchless financing pun memberikan kontribusi yang besar terhadap porsi pembiayaan BRI Finance.

Baca juga: KemenkopUKM Sebut Fesyen dan Kuliner Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif

Azizatun menjelaskan, saat ini rata-rata porsi pembiayaan yang berasal dari branchless financing BRI Finance adalah sebesar 40 persen per bulan dari total pembiayaan konsumer perusahaan.

Dengan branchless financing, BRI Finance juga mampu menangkap potensi di daerah yang sebelumnya belum terlayani oleh perusahaan multifinance.

Selain akses pembiayaan yang semakin dekat dan mudah dijangkau, melalui branchless financing BRI Finance mampu menghadirkan layanan yang cepat dan tepat bagi nasabah.

“Fokus utama dari Relationship Manager (RM) BRI Finance di branchless financing adalah pembiayaan fasilitas dana dengan pasar sasaran utama nasabah BRI. Selain itu RM juga dapat memasarkan produk pembiayaan konsumer lain yaitu pembiayaan mobil baru dan pembiayaan mobil bekas,” kata Azizatun.

Sebagai informasi, produk dengan portofolio terbesar dari branchless financing BRI Finance masih disumbangkan oleh pembiayaan mobil baru dengan porsi mencapai 80 persen dari rata rata total pembiayaan per bulan.

Baca juga: Bangun Kepercayaan Konsumen di Keuangan Digital, OJK Luncurkan 3 Inisiatif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com