Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Kembangkan Pembangkit Listrik EBT, KEEN Raih Rating Baik ESG dari Sustainable Fitch

Kompas.com - 27/10/2022, 16:18 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten energi, PT Kencana Energi Lestari (KEEN) memperoleh rating 2 atau "Baik" dari lembaga pemeringkat environment, social, governance (ESG) dari lembaga pemeringkat ESG internasional Sustainable Fitch yang dirilis melalui halaman websitenya.

Manajemen perusahaan menyatakan, Kencana Energy merupakan perusahaan terbuka di BEI pertama di Indonesia yang mendapatkan peringkat resmi “Good” atau “Baik” berstandar internasional dari lembaga rating Sustainable Fitch.

"Portofolio energi terbarukan Kencana Energy saat ini mencakup tiga pembangkit listrik tenaga air dan satu pembangkit listrik tenaga biomassa," tulis manajemen, dalam siaran pers, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Penuhi Target Pembangkit EBT 28,9 GW, Ini yang Dilakukan PLN

Lebih lanjut manajemen menyatakan, setiap pembangkit listrik tenaga air dioperasikan oleh salah satu anak perusahaan Kencana Energy, mulai dari PLTA Pakkat (18MW) di Sumatera Utara, yang dioperasikan oleh entitas anak Perseroan secara langsung yaitu PT Energy Sakti Sentosa.

Kemudian, PLTA Air Putih (21 MW) di Bengkulu yang dioperasikan oleh entitas anak perseroan secara langsung yakni PT Bangun Tirta Lestari, serta PLTMH Madong (10MW) di Toraja Utara yang dioperasikan entitas anak yaitu PT Nagata Dinamika Hidro Madong.

"Tenaga air saat ini mencapai sekitar 91 persen dari output energi yang dihasilkan Kencana Energy," tulis manajemen.

Baca juga: EBT dengan Kapasitas Fleksibel Dinilai Mampu Pangkas 20 Persen Biaya Listrik

Selain itu, KEEN juga berpartisipasi dalam pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBM), yakni melalui PLTBM Tempilang 2 (5 MW) yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan kepemilikan 49 persen saham operator, PT Biomassa Energi Jaya.

Kencana Energy berencana untuk melakukan ekspansi di sektor EBT melalui tiga PLTA dan satu PLTB, yaitu PLTA Sumatera 1 (35 MW), PLTA Sulawesi 1 (75 MW), PLTA Sulawesi 2 (90 MW), dan PLTB Sulawesi 5 (62 MW).

"Komitmen Kencana Energy pada penerapan ESG terlihat juga pada penerapan SDG di perseroan, antara lain SDG 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, SDG 7 Energi Bersih dan Terjangkau, SDG 13 Penanganan Perubahan Iklim dan SDG 15 Ekosistem Daratan," tulis manajemen.

Baca juga: Kencana Energi Bakal Garap Proyek Energi Terbarukan di Filipina Senilai Rp 1,49 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com