Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi BRILink Berkontribusi pada "Fee Based Income" BRI Sebesar Rp 1 Triliun

Kompas.com - 16/11/2022, 16:46 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatat para agen BRILink telah memberikan pendapatan nonbunga (fee based income/FBI) perseroan sebesar Rp 1 triliun hingga akhir kuartal III-2022.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, FBI tersebut salah satunya didapatkan dari biaya transaksi nasabah BRI yang dilakukan melalui agen-agen BRILink yang berjumlah 597.177 agen di seluruh Indonesia.

Adapun hingga akhir September 2022, agen-agen BRILink ini telah melayani transaksi finansial sebanyak 799 juta transaksi, dengan volume transaksi mencapai Rp 963 triliun dalam 9 bulan.

Baca juga: BRI Patok Target Pertumbuhan Kredit 9-11 Persen pada 2023

Selain FBI, transaksi melalui agen BRILink juga memberikan economic sharing fee yang diterima oleh para agen, yang diproyeksikan mencapai Rp 2 triliun sampai dengan Rp 3 triliun.

"Dari transaksi itu, nasabah yang bertransaksi membayar fee dan fee-nya sebagian di-share kepada BRI dan sebagian besar kepada agen BRILink. Dan yang diperoleh dari transaksi di agen BRILink itu, yang diterima BRI mencapai Rp 1 triliun," ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu (16/11/2022).

Dia mengungkapkan, BRI juga berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan inklusi keuangan sebagai salah satu fokus perseroan, sebagaimana salah satu aspirasi BRI untuk menjadi Champion of Financial Inclusion pada 2025.

Untuk itu, BRI telah menyiapkan strategi hybrid bank dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Strategi tersebut di antaranya yakni melalui iIntegrasi ekosistem ultra mikro serta memperluas layanan agen BRILink.

Baca juga: Tumbuh 106 Persen, BRI Cetak Laba Rp 39,31 Triliun di Kuartal III-2022

Sunarso bilang, tepat satu tahun keberadaaan holding ultra mikro (UMi) telah memberikan dampak positif terhadap grass root economy, utamanya pelaku usaha Ultra Mikro.

Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan Holding UMi mengintegrasikan 28,1 juta nasabah dengan total outstanding pembiayaan sebesar Rp 196,6 triliun. Penabung baru UMi pun telah mencapai 6,9 juta atau melebihi target awal yang sebanyak 3,3 juta.

Untuk co-location Sentra Layanan Ultra Mikro atau Senyum yang memungkinkan nasabah bisa mendapatkan layanan keuangan dari tiga entitas dalam satu tempat, gerai Senyum telah mencapai 1.003 lokasi atau sudah lebih besar dari target awal adalah 978 lokasi Gerai Senyum.

Saat ini nasabah PNM Mekaar yang kini tergabung sebagai AgenBRILink sudah mencapai 47.200 agen.

Baca juga: Konsep Hybrid Bank BRI Dongkrak Inklusi Keuangan Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com