Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

B35 akan Diimplementasikan Besok, Menko Airlangga: Seluruhnya Sudah Siap

Kompas.com - 31/01/2023, 18:10 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan seluruh pihak terkait sudah siap untuk menjalankan implementasi B35 yang rencananya akan dimulai besok, Rabu (1/2/2023)

"Seluruhnya sudah siap," kata Airlangga, di kantornya, Selasa (31/1/2023).

Airlangga mengatakan, saat ini terjadi penurunan permintaan ekspor minyak kelapa sawit. Hal ini diakibatkan oleh campaign Eropa terkait dengan deforestasi hutan.

Baca juga: Implementasi B35 Berlaku Besok, Kementerian ESDM Lanjut Uji Coba B40

Dia mengatakan, implementasi B35 ini diharapkan dapat menjawab masalah penurunan ekspor sawit di Indonesia, sehingga para petani sawit bisa dengan tenang menjalankan bisnisnya.

"Menurunnya permintaan ekpor minyak sawit akibat di beberapa negara, seperti Eropa yang melakukan campaign soal sawit," ujarnya.

Airlangga juga mengatakan dengan implementasi B35 ini, diharapkan demand minyak sawit di dalam negeri bisa meningkat, dari kebutuhan saat ini 9 juta kilo liter naik menjadi 19 juta kilo liter.

Baca juga: Implementasi B35 Bisa Hemat Devisa hingga 10,75 Miliar Dollar AS

"Tentunya dari segi tekni ini tidak masalah, B35 ini bagi Indonesia salah satu yang tertinggi (Biofuel) dibanding negara lain," ujarnya.

Melalui implementasi B35 ini, dia juga berharap bisa mendorong penurunan emisi CO2, serta menghemat 35 juta ton setara CO2.

"Ini merupakan program yang mendorong bauran energi mix di Indonesia dan mengurangi impor BBM," tegas Airlangga Hartarto.

Baca juga: B35 Berlaku 1 Februari 2023, Volume Penyaluran Diperkirakan 15,13 Juta Liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com