Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayasari Bakti Terima 22 Unit Bus Listrik

Kompas.com - 14/03/2023, 19:08 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bakrie and Brothers Tbk melalui unit usaha PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) kini melakukan serah terima 22 unit bus listrik kepada selaku salah satu operator Transjakarta yakni PT Mayasari Bakti.

Direktur Utama sekaligus CEO Bakrie and Brothers Anindya N. Bakrie mengatakan, hal ini merupakan wujud komitmen Grup Bakrie untuk melakukan transisi energi pada bisnis yang dijalankan.

"Khusus dalam pengembangan industri elektrifikasi transportasi yang diupayakan saat ini, kami berharap dapat membantu menghadirkan solusi transportasi hijau untuk kota Jakarta sekaligus mendukung secara penuh target pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission di 2060," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (14/3/2023).

Baca juga: Konsisten Tekan Emisi dalam Operasional Bisnis, RAPP Tambah 4 Bus Listrik

Sebagai informasi, 22 bus listrik yang diserahkan VKTR kepada PT Mayasari Bakti ini merupakan kelanjutan dari penggunaan 30 bus sejenis ber-merk BYD yang telah beroperasi sejak setahun lalu.

CEO VKTR Gilarsi W Setijono memaparkan tentang kelanjutan kemitraan pihaknya dengan pelaku industri kendaraan listrik terbesar di dunia yaitu BYD Auto.

Dia bilang, pihaknya terus memperkuat dan mengembangkan partnership strategis dengan BYD. Saat ini VKTR Teknologi Mobilitas mendatangkan langsung bus tipe K-9 secara completely built-up (CBU) langsung dari pabrik BYD di Shenzhen, Cina.

"Tahap selanjutnya, kami mulai merintis proses pembangunan fasilitas perakitan di Indonesia, tentu dengan bantuan keahlian dari BYD juga," ucap Gilarsi.

Baca juga: Bukan Hanya Mobil dan Motor Listrik, Pemerintah Juga Bakal Beri Insentif untuk Bus Listrik

Selain itu, pihak BYD pun telah menunjukkan komitmen untuk mengukuhkan kehadiran mereka di pasar Indonesia, dan kini tengah mempelajari beberapa peluang yang bisa segera digarap.

Gilarsi juga menekankan tentang pentingnya VKTR meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) produk manufaktur bus mereka.

"Kami berharap, bus listrik yang kami luncurkan berikutnya akan menjalani sebagian proses perakitan secara lokal di Indonesia, dengan persentase TKDN yang akan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu," katanya.

Selain menjadi mitra PT Mayasari Bakti dan ber-partner dengan BYD Auto, VKTR telah menandatangani kerja sama dengan technology provider dan produsen baterai ramah lingkungan Envision, perusahaan karoseri Tri Sakti di Jawa Tengah, perusahaan teknologi heavy mobility dari Inggris Equipmake, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan sejumlah pihak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com