Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Asing di Batam Naik 48,5 Persen, Proyeknya Capai 1.738

Kompas.com - 04/04/2023, 17:05 WIB
Hadi Maulana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Berdasarkan catatan Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi asing di Batam tahun 2022 naik 48,5 persen atau sebesar 746,85 juta dollar AS dengan jumlah 1.738 proyek.

Di tahun tersebut, realisasi investasi mencapai Rp 13,63 triliun. Penanaman Modal Asing (PMA) memiliki persentase cukup dominan yakni sebesar 82 persen atau setara dengan Rp 11,11 triliun.

Angka tersebut cukup dominan jika dibandingkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang hanya mencapai Rp 2,52 Triliun dengan total 2.153 proyek.

Baca juga: Lowongan Kerja Batam Aero Technic Milik Lion Air Group, Cek Syaratnya

Bahkan Batam menyumbang persentase cukup besar terhadap realisasi investasi PMA Provinsi Kepri yaitu sebesar 79,97 persen.

“Angka ini diharapkan terus naik setiap tahunnya. BP Batam juga sedang menyiapkan fasilitas pendukung seperti infrastruktur jalan, pengembangan dan peningkatan Bandara Hang Nadim Batam serta Pelabuhan Batu Ampar,” kata Rudi melalui keterangan tertulis, Selasa (4/4/2023).

Rudi menjelaskan bahwa investasi merupakan hal yang sangat penting bagi pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Batam.

Sejumlah sektor industri seperti manufaktur, jasa, pariwisata dan perdagangan terus berkembang di Batam.

Baca juga: Gaji UMK atau UMR Batam 2022 dan Seluruh Kepri


“Kemudahan dalam berinvestasi di Batam juga didukung dengan letaknya yang strategis dalam perdagangan internasional,” terang Rudi.

Lebih jauh Rudi mengatakan, ada lima sektor yang menarik minat investor asing.

Pertama adalah Industri Mesin, Elektronik, Instrumen Kedokteran, Peralatan Listrik, Presisi, Optik dan Jam dengan realisasi investasi Rp4,24 triliun.

Kedua, Industri Kimia dan Farmasi dengan realisasi investasi Rp2,46 triliun.

Selanjutnya, Industri Makanan dengan realisasi investasi Rp2,09 triliun.

Baca juga: Super Air Jet Buka Penerbangan dari Balikpapan ke Bandung, Batam, dan Manado

Kemudian, sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran dengan total realisasi Rp1,14 triliun.

“Terakhir, sektor Industri Logam Dasar, Barang Logam, Bukan Mesin dan Peralatannya dengan realisasi Rp0,94 triliun, dan dari kelima sektor tersebut, hanya sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran yang didominasi oleh investor dalam negeri,” pungkas Rudi.

Baca juga: Lion Air Buka Penerbangan Umrah dari Batam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com