Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Kelola Keuangan Hadapi Lebaran

Kompas.com - 21/04/2023, 06:09 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya akan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi perempuan dalam mengatur keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, selain sebagai ibu yang mendidik buah hati, perempuan juga memiliki peran penting dalam mengelola keuangan.

Dilansir dari akun instagram resmi OJK @ojkindonesia pada Kamis (20/4/2023), OJK memberikan beberapa tips dalam mengelola keuangan menghadapi Hari Raya Idul Fitri, sebagai berikut:

Baca juga: 5 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

1. Menentukan prioritas keuangan

Susun prioritas keuangan berdasarkan jangka waktu kebutuhannya, seperti kebutuhan rutin bulanan, dan kebutuhan jangka panjang

2. Mengatur pos anggaran

Atur alokasi anggaran untuk setiap kebutuhan. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran untuk menghindari pemborosan

3. Cermat dalam berutang dan berinvestasi

Banyak kasus pinjaman online ilegal dan investasi bodong karena kurangnya informasi dan pengetahuan keuangan sehingga mudah terbujuk pinjaman dengan iming-iming untung investasi cepat dan besar.

Oleh karena itu, sebelum berinvestasi lakukan pengecekan 2L yaitu, memastikan legalistas perusahaannya telah berizin dan diawasi oleh OJK. Kemudian, memastikan keuntungan yang ditawarkan logis atau masuk akal serta diimformasikan dengan jelas.

Baca juga: Tips agar Listrik Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com