Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna dari Pohon Hayat di Logo Resmi IKN

Kompas.com - 31/05/2023, 10:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi meluncurkan logo Nusantara, yang akan digunakan sebagai identitas visual bagi Ibu Kota Nusantara atau IKN. Desain logo IKN terpilih ialah Pohon Hayat yang didesain oleh Aulia Akbar.

Logo IKN tersebut merupakan logo yang terpilih dari hasil sayembara yang dilaksanakan pada 4 April hingga 20 Mei lalu. Jokowi menyebutkan, terdapat sekitar 500.000 masyarakat yang berpartisipasi dalam pemilihan logo.

"Alhamdulillah, telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak. Jadi, yang milih bukan presiden," kata dia, dalam peluncuran Logo Nusantara, Selasa (30/5/2023).

Jokowi berharap, kehadiran logo itu dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan IKN. Menurutnya, logo Pohon Hayat sendiri memiliki filosofi sejalan dengan semangat pembangunan IKN.

Baca juga: Jokowi Senang IKN Punya Logo Baru

"Kita semua berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semua," ucap Jokowi.

Makna logo Pohon Hayat

Sebagai informasi, logo-logo yang berpartisipasi dalam sayembara memiliki makna masing-masing. Makna ini juga dimiliki oleh logo Pohon Hayat.

Dilansir dari laman ikn.go.id, ogo "Pohon Hayat Nusantara" terinspirasi oleh bentuk penghayatan simbolisme pohon dari barat sampai timur Indonesia. Sumber kehidupan sekaligus kekayaan hayati yang melimpah di ekologi Indonesia.

Simbol dasar yang tumbuh dari 5 akar ideologi bangsa (Pancasila), tumbuh mengalir menjadi 7 batang gugus pulau besar di Indonesia.

Simbol itu merefleksikan masyarakat maritim dengan wawasan Nusantaranya melihat laut dan alur sungai sebagai penghubung, yang lalu terhubung dalam satu lingkaran utuh yang menumbuhkan 17 kembang mekar sebagai simbolisasi kemerdekaan abadi.

Baca juga: Bahlil: Arab Saudi Berminat Investasi di IKN

Kemudian, rancangan Nusantara ini disuarakan oleh font "IKN Sutasoma" yang terinspirasi oleh aksara Pallawa, salah satu aksara tertua di Asia Tenggara yang ditemukan di Kutai, Kalimantan.

Identitas visual IKN Nusantara, rancang bentuk universal namun mengakar, terbalut dalam bentuk yang merayakan kemerdekaan peradaban baru Indonesia.

Logo tersebut dibuat oleh Aulia Akbar yang merupakan co-founder POT Branding House, anggota aktif Asosisasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Bandung. Ia merupakan alumni dari Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung pada tahun 2014.

Baca juga: Sederet Insentif dari Pemerintah untuk Tarif Minat Investor Investasi di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com