Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit.id Beri Edukasi Finansial Atlet Peraih Medali SEA Games 2023

Kompas.com - 19/06/2023, 17:17 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Para atlet peraih medali SEA Games 2023 Kamboja yang mendapatkan bonus sari pemerintah akan mendapatkan edukasi keuangan dari platform investasi Bibit.id.

Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora) menggandeng Bibit.id untuk memberikan edukasi finansial untuk para atlet berprestasi tersebut.

“Sebagian besar atlet penerima bonus berusia di bawah 25 tahun. Untuk itu, kami merasa penting menggandeng Bibit untuk memberikan edukasi dan literasi keuangan agar adik-adik dan seluruh atlet dan ofisial tim dapat memanfaatkan momentum ini untuk berinvestasi dengan benar,” kata Menpora Dito Ariotedjo, dalam acara bertajuk “Dalam Atlet yang Hebat terdapat Finansial yang Sehat” secara hybrid pada hari Senin, 19 Juni 2023, bertempat di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Sri Mulyani Kucurkan Rp 289 Miliar untuk Bonus Atlet Sea Games, Berikut Rinciannya

Head of Investment Research Bibit, Vivi Handoyo Lie dalam acara tersebut menekankan pentingnya investasi yang benar dalam membangun masa depan keuangan para atlet.

“Di Bibit, kami gencar melakukan edukasi finansial dengan tujuan agar masyarakat memahami dan dapat mulai mendiversifikasikan investasi mereka ke dalam berbagai kelas aset," katanya.

Kelas aset tersebut seperti reksa dana, surat berharga negara yang dapat dibeli di pasar primer dan sekunder seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR), Fixed Rate (FR), Project Based Sukuk serta saham.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Felicia Putri Tjiasaka ini, hadir pula Deni Ridwan selaku Direktur Surat Utang Negara, DJPPR Kementerian Keuangan RI dan Prita Ghozie selaku penasehat keuangan.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 275 Miliar untuk Bonus Timnas U-22 dan Para Penerima Medali SEA Games

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti para atlet untuk menggunakan uang bonus prestasi dengan sebaik-baiknya. Hal itu disampaikan Presiden saat memberikan bonus secara simbolis kepada para atlet dan ofisial tim peraih medali di SEA Games 2023 dalam acara yang dihelat di Istana Negara, 5 Juni 2023 lalu.

Total nilai bonus yang dikucurkan pemerintah untuk para atlet mencapai Rp 289 miliar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dana tersebut dialokasikan dalam anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk Sea Games 2023.

"Total anggaran dari APBN #uangkita untuk bonus para atlet berprestasi dan para pelatihnya mencapai Rp 289 milyar," ujar Sri Mulyani, melalui akun resmi Instagram-nya, Selasa (6/6/2023).

Bonus Rp 289 miliar diberikan kepada para atlet yang berhasil mengumpulkan total 276 medali. Total medali tersebut terdiri dari 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com