Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Ungkap Pertamina Bakal Bangun Kilang Minyak di Kenya

Kompas.com - 24/06/2023, 06:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Luhut menjelaskan bahwa perusahaan minyak dan gas (migas) pelat merah itu akan membangun kilang minyak di Kenya karena diminta oleh Pemerintah Kenya.

"Tadi mengenai Afrika. Jadi Pertamina akan masuk, diminta oleh Kenya untuk membangun oil refinery di sana," kata Luhut saat ditemui di Jakarta.

Baca juga: Luhut Balas Kritik Mandor Asing di IKN: Jangan Ribut yang Nggak Jelas

Selain itu, Luhut mengatakan ada peluang bagi Pertamina untuk membawa minyak mentah hasil eksplorasi dari Kenya ke Indonesia.

Pada 20-24 Januari 2023, Luhut telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara di Afrika, yaitu Kenya, Kongo, dan Zimbabwe.

Luhut mengunjungi Kenya dan bertemu langsung dengan Presiden Kenya, William Samoei Ruto. Pada pertemuan tersebut, Luhut membahas terkait industri pertambangan berkelanjutan dan terkait pengembangan infrastruktur.

Baca juga: Luhut Wajibkan Pengusaha Sawit Lapor Data Lahan Perkebunan ke Pemerintah

 

Selain kedua isu tersebut, Luhut juga membahas kerja sama di bidang perkebunan kelapa sawit, transisi energi, sistem digitalisasi, AIS Forum, pertahanan, dan hubungan perdagangan.

"Saya juga menjelaskan bahwa kekayaan sumber daya alam Indonesia yang begitu besar saat ini, telah dialokasikan secara efektif untuk memacu pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor. Mulai dari energi terbarukan, pertambangan, ekosistem kendaraan listrik, farmasi, industri pertahanan dan strategi, serta digitalisasi pelayanan publik dan operasional pelabuhan," katanya dari keterangan Instagram @luhut.pandjaitan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Soal Tenaga Kerja Asing di IKN, Luhut: Mereka Kerja Lebih Cepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com