Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bitcoin Bullish, Harga Kripto Lain Terkerek

Kompas.com - 18/07/2023, 20:00 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga sejumlah alternatif coin atau Altcoin kripto menguat signifikan selama beberapa hari terakhir. Penguatan ini menyusul tren bullish Bitcoin pada paruh pertama tahun 2023.

Pada perdagangan Selasa (18/7/2023), harga Bitcoin memang bergerak cenderung mendatar di kisaran 30.100 dollar AS Aper koin atau setara sekitar Rp 451,5 juta (asumsi kurs Rp15.000 per dollar AS). Namun demikian, pada semester pertama tahun ini, harga Bitcoin telah melonjak hampir 80 persen.

Seiring dengan catatan positif Bitcoin, harga sejumlah Altcoin turut terkerek. Misal saja Solana (SOL) yang alam 24 jam terakhir, meningkat 2,3 persen, sementara hitungan mingguan meningkat hingga 28,6 persen ke kisaran 26,7 dollar AS per koin. Kemudian, Cardano (ADA) telah menguat 10,6 persen dalam sepeka ke kisaran 0,31 dollar AS.

Baca juga: Bicara soal Kripto, Sri Mulyani: Perlu Diatur dalam Suatu Standar Kebijakan Global

Menanggapi kenaikkan harga Altcoin, CEO Indodax Oscar Darmawan menilai, ini menjadi kesempatan yang tepat bagi para investor baru untuk lebih mengenal dan mencoba beli aset kripto sebagai salah satu referensi dalam berinvestasi.

"Kenaikan aset kripto ini memang sering terjadi, salah satunya oleh fundamental news seperti misalnya antusiasme investor menyambut regulasi kebijakan moneter The Fed tahun ini," tutur dia, dalam keterangannya, Selasa.

Menurutnya, kenaikkan harga masih berpotensi berlanjut. Hal ini dengan memperhitungkan adanya sentimen halving Bitcoin.

Meskipun demikian, Oscar mengingatkan, investor kripto perlu berhati hati dan tetap melakukan analisa teknikal yang benar. Jangan sampai investor melakukan pembelian kripto dengan dasar 'ikut-ikutan', yang kemudian berpotensi merugikan dirinya sendiri.

Baca juga: Prospek Aset Kripto 2023, Altcoin Jadi Alternatif Pilihan

"Investor perlu terus melakukan riset saat akan membeli aset kripto sesuai kebutuhannya," kata Oscar.

"Investor juga bisa dengan jeli melihat komunitas, sosial media, news & mengakses CoinMarketCap atau CoinGecko untuk melihat soal pergerakan harga aset kripto, tak terkecuali soal Altcoin tersebut," sambungnya.

Lebih lanjut lagi, investor sebaiknya perlu memahami analisa fundamental & teknikal, untuk membeli aset kripto, dan juga investor perlu cukup paham terkait manajemen keuangan yang efektif.

Baca juga: Bappebti: Jumlah Investor Kripto Naik Signifikan, tapi Jumlah Transaksinya Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com