Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Shopee Kenalkan Fitur Anyar “Cek Fakta” untuk Bantu Pengguna Hadapi Ragam Modus Penipuan

Kompas.com - 24/07/2023, 13:03 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Untuk menghadirkan platform belanja online yang aman, nyaman, dan andal di Tanah Air, Shopee meluncurkan fitur anyar “Cek Fakta”. Fitur ini dapat diakses pengguna pada bagian “Chat dengan Shopee”.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, fitur Cek Fakta memudahkan pengguna melakukan pengecekan kebenaran terkait berbagai informasi yang diterima tentang Shopee.

“Fitur Cek Fakta merupakan wujud komitmen Shopee menghadirkan platform e-commerce yang aman bagi pengguna. Dengan mengoptimalkan fitur tersebut, pengguna dapat terhindar dari risiko penipuan ketika menerima informasi yang dianggap mencurigakan. Terutama, informasi yang mengatasnamakan Shopee,” ujar Handhika.

Handhika menambahkan, peredaran informasi palsu yang mengatasnamakan Shopee dapat merugikan pengguna. Oleh karena itu, pihaknya menyediakan kanal khusus bagi pengguna untuk mengecek kebenaran informasi mengatasnamakan Shopee yang mereka terima.

Baca juga: Dari Semarang ke Kancah Global, Ini Perjalanan Gaun Cantik Buatan UMKM bersama Shopee

Fitur Cek Fakta, lanjut Handhika, dapat digunakan kapan saja sehingga diharapkan dapat menciptakan kebiasaan baru bagi masyarakat untuk selalu mengecek kebenaran seluruh informasi yang mereka terima.

“Upaya tersebut adalah salah satu komitmen kami dalam menciptakan layanan yang #XtraAman dan #XtraNyaman bagi pengguna Shopee,” kata Handhika.

Dilansir dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis (6/4/2023),  sebanyak 11.357 isu hoaks di Tanah Air yang beredar sejak Agustus 2018 hingga Maret 2023.

Tim Pengais Konten Negatif (AIS) Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kemenkominfo mengidentifikasi kategori penipuan berada pada urutan ketiga. Adapun temuan kategori penipuan tertinggi didominasi oleh tautan phishing serta penipuan dengan menggunakan nomor ponsel.

Baca juga: Riset Snapcart: Shopee Affiliate Pimpin Pasar Program Afiliasi E-Commerce

Untuk itu, kehadiran fitur Cek Fakta diharapkan dapat meminimalisasi sekaligus memberantas peredaran hoaks dengan kategori penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

“Beberapa modus penipuan yang saat ini marak di tengah masyarakat dan dapat divalidasi kebenarannya melalui fitur Cek Fakta adalah pengumuman pemenang hadiah serta tawaran lowongan pekerjaan atau peluang pekerjaan paruh waktu,” terang Handhika.

Selain itu, imbuh Handhika, ada pula penipuan dengan modus menyelesaikan misi atau event dengan iming-iming hadiah, phishing pengunduhan dokumen APK serta PDF atau tautan mencurigakan.

“Ke depan, Shopee juga akan terus memantau modus penipuan terbaru untuk membantu pengguna terhindar dari penipuan,” terangnya.

Baca juga: Cerita Mantan Kernet Angkot Asal Bandung yang Sukses Jadi Pebisnis di Shopee

Akses fitur Cek Fakta

Untuk mengakses fitur Cek Fakta, pengguna dapat membuka aplikasi Shopee dengan mengikuti langkah berikut.

  1. Pilih menu “Saya” di pojok kanan bawah, lalu pilih menu “Chat dengan Shopee”.
  2. Setelah muncul laman live chat, pilih ikon kategori “Cek Fakta” yang terletak di bagian paling atas.
  3. Selanjutnya, pengguna dapat memilih topik dan informasi yang ingin dikonfirmasi, lalu akan terdapat artikel terkait yang akan memberikan konfirmasi apakah informasi yang diterima mengatasnamakan Shopee merupakan fakta atau penipuan.
  4. Jika masih ingin mendapatkan informasi lebih detail, pengguna dapat pilih menu “Chat dengan CS Shopee” untuk terhubung dengan agen tim Layanan Pelanggan Shopee.
  5. Daftar kategori topik akan muncul dan silakan memilih menu “Cek Informasi Penipuan” untuk memulai chat dengan agen Layanan Pelanggan Shopee.

Tip 3C agar terhindar dari penipuan

Shopee sebelumnya juga telah mengimbau para pengguna untuk mengikuti tip 3C agar terhindar dari penipuan. Rincian tip tersebut adalah sebagai berikut.

Baca juga: Catat Transaksi Hampir Rp 7 M dalam 12 Jam, Raffi Ahmad Pecahkan Rekor Omzet Penjualan Live Streaming di Shopee Live

Pertama, Cek Pengirimnya. Seluruh informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang hijau yang sudah terverifikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com